Masjid Agung Tuban Laksanakan Salat Gerhana

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Salat gerhana matahari yang dilaksanakan di masjid agung Tuban pada Rabu (9/3/2016) pagi, terlihat dipadati ratusan jemaah. Salat sunnah yang hanya dilaksanakan saat-saat tertentu tersebut juga tampak diikuti oleh anak-anak hingga orang dewasa, namun siapa sangka bahwa jemaah juga bisa melihat fenomena gerhana matahari di masjid kebanggan masyarakat Tuban itu.

Salah seorang jemaah, Atok mengatakan, bahwa dirinya sering melaksanakan salat gerhana di masjid agung, karena merasa senang bisa melakukan salat sunnah tersebut secara bersama-sama dengan warga lainnya dan juga bisa melihat gerhana.

"Di masjid agung terlihat gerhana mataharinya dengan jelas," katanya kepada blokTuban.com

Sementara itu, warga lainnya Teguh, menyatakan bahwa salat di masjid agung lebih baik, karena banyak orang yang datang untuk melaksanakan salat gerhana, dari anak-anak hingga orang dewasa juga ada, apalagi juga bisa melihat secara langsung fenomena gerhana matahari.

"Tidak perlu mencari tempat yang jauh untuk melihat gerhana matahari, di sini sudah kelihatan," jelasnya.

Diketahui, bahwa dalam pelaksanaan salat gerhana matahari tersebut, dipimpin oleh Habib Husein bin Hasyim bin Thoha Bangil sebagai khotib sekaligus imam salat. [nok/rom]