Di Montong, Masyarakat Lakukan Salat Gerhana

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam menyikapi fenomena alam langka gerhana matahari, memang banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat, seperti melihat fenomena tersebut juga tidak sedikit masyarakat yang khusuk melakukan ibadah salat gerhana. Seperti di Kecamatan Montong. Salat gerhana matahari digelar di masjid Jami' Nurul Iman Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. salat dimulai pada pukul 06:50 WIB dan diikuti oleh ratusan warga, yang dipimpin oleh H. Mualim, Rabu (9/3/2016).

saat ceramah, H. Mualim mengatakan, dengan adanya gerhana matahari yang melanda sebagian Nusantara ini, masyarakat harus bisa lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SAW, karena fenomena ini merupakan tanda-tanda kebesarannya.

"Fenomena ini merupakan salah satu tanda kebesaran Allah agar semua umat selalu meningkatkan ketaqwaan kepadaNya," ujar sang imam saat ceramah berlangsung.

Hal terpenting, agar setelah adanya gerhana matahari dan telah diselenggarakannya salat, kita selalu menginstropeksi diri agar kedepannya menjadi lebih baik.

Selain itu, lanjut H. Mualim saat berdo'a, semoga tanda-tanda kebesaran Allah yakni gerhana matahari tidak menimbulkan bencana di Nusantara. Dan selalu aman sejahtera. "Semoga gerhana matahari ini selalu mengingatkan kita kepada Allah," ungkapnya.

Setelah salat gerhana matahari dilaksanakan dan ditutup dengan doa yang berjalan dengan khidmat, segenap warga yang masih berada di masjid mengikuti acara makan bersama. [hud/rom]