Libur Pilkada, Pengunjung Makam Sunan Bonang Sepi

Kontributor: Dita Afuzal Ulya

blokTuban.com - Jika di Hari Libur Nasional dalam rangka Pilkada serentak, pemandian Bektiharjo yang terletak di Kecamatan Semanding di serbu pengunjung. Namun berbeda dengan wisata religi makam Sunan Bonang yang sepi dari hirupikuk pengunjung.

Seperti pantauan blokTuban.com di halaman parkir makam Sunan Bonang, tampak lengang hanya ada sejumlah mobil dan beberapa sepeda motor saja. Tak terkecuali dengan pasar aneka oleh-oleh khas Tuban juga tampak sepi, bahkan sebagian banyak yang tutup.

"Sudah tiga hari ini sepi terus, ya memang bukan musimnya orang ziarah," ungkap Arif (25), salah satu juru parkir mobil kepada bT sebutan blokTuban.com.

Pemandangan serupa juga tampak di halaman masjid Agung Tuban, biasanya halaman tersebut tampak ramai dipenuhi pengunjung yang sedang melaksanakan salat maupun sekadar mampir untuk mengabadikan Masjid Agung dengan kamera pribadinya. Suwatin (36) salah satu pemilik lapak konveksi batik menuturkan, jika di hari libur besar wisata religi Sunan Bonang memang identik sepi, berbeda dengan wisata-wisata lainnya seperti pantai boom Tuban, juga pemandian Bektiharjo.

"Kalau orang ziarah kan memang ada musimnya, ini teman-teman banyak yang tokonya tutup, mungkin karena Pilkada juga mbak," jelasnya. [ita/mu]