Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Karya Sastra Himbas UNIROW Tuban

Sosiawan Leak Launching Buku Wathathitha

Pungkas malam Gelar Karya Sastra (GKS) yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra dan Indonesia (Himbas) menyuguhkan salah satu hal menarik. Yakni launching buku kumpulan sajak sastrawan Sosiawan Leak berjudul Wathathitha.

Terpilih, Joko Wahono Nahkodai DKT

Musyawarah Seniman dan Budayawan dalam rangka pembentukan Dewan Kesenian Tuban (DKT) telah menetapkan Joko Wahono sebagai ketua. Acara dilaksanakan di Gedung Kopri, Selasa (26/4/16).

Gelar Karya Sastra Himbas UNIROW Tuban

Tularkan Ilmu Sastra, Sosiawan Leak Latih Baca dan Tulis Puisi

Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himbas) menggelar giat Gelar Karya Sastra. Pada kesempatan tersebut, turut menghadirkan sastrawan kenamaan, Sosiawan Leak dalam workshop atau pelatihan tulis dan baca puisi, Selasa (26/4/2016).

Pelaras Gamelan di Tuban (Bagian 2)

Pernah Diremehkan, Bertahan dari Gempuran Krisis Moneter

Sarmidi, warga Dusun Ngemplak, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban, merupakan satu dari segelintir orang yang bertahan melaras gamelan dan alat-alat jawa di Kabupaten Tuban. Pria ini, mulai merintas usaha sebagai penglaras alat musik sejak tahun 1994 lalu. Setelah merasa cukup mendapatkan ilmu dan bekal dari kakek dan para tetua sebelumnya.

Pelaras Gamelan di Tuban (Bagian 1)

Pekerjaan Langka, di Ujung Kepunahan

Sejenis palu, terbuat dari bahan kayu, tergenggam erat di tangan lelaki tua. Setiap kali, palu itu diayunkan pelan mengenai wilah (bilah alat musik demung dan sejenisnya), setiap itu pula, terdengar bunyi mengalun mengisi salah satu ruang di Dusun Ngemplak, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Anak-Anak Sepatu

Serbuan cahaya pagi yang semula terhalang kain hijau, kini mengundang cairan yang ada dalam tubuhku untuk keluar. Ini bukan kali pertama untukku merasakannya. Kubiarkan mereka mengalir dengan sendirinya tanpa jemariku. Kulangkahkan kaki merapat ke jendela kaca, tanpa mengalihkan fokus pandangan. Kulihat mentari yang makin beranjak dari tempat persembunyiannya. Tampak semangat dari bungkukkan punggung kakek tua di tengah-tengah ladang hijau. Burung-burung kecil yang berlalu lalang menggambarkan keceriaan menyambut sang mentari. Tarian dedaunan di pucuk-pucuk ranting, menambah semaraknya suasana pagi.

Gelar Karya Sastra Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia

Cinta Sastra? Yuk datang di Pameran Sastra Himbas Unirow Tuban

Bagi peminatnya, membaca satu karya sastra saja merupakan hal yang menyenangkan. Bayangkan, apabila bisa membaca banyak karya sastra dari banyak penulis di lokasi yang sama.

Permainan Tradisional

Serunya Anak-anak Bermain Kekean

Banyak permainan tradisional anak saat ini telah hilang tergerus perkembangan zaman. Lambat laun permainan tradisional akan punah dan digantikan permainan modern. Namun, anak-anak di Desa Boto Kecamatan Semanding, Tuban masih asyik bermain kekean (gasing) kayu.