Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Rangkaian Imlek, Pengurus KSB Gelar Lomba Mewarnai

Sebagai rangkaian perayaan Imlek 2567, Pengurus Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) akan menyelenggarakan lomba mewarnai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak Se-Kabupaten Tuban. "Besok pada Senin (8/2/2016) pagi akan diadakan lomba mewarnai tingkat Play Grup dan TK, dan lomba akan diadakan Klenteng Kwan Sing Bio,"

Sembahyang Imlek Dilaksanakan Dua Kali

Ada dua tradisi sembahyang dalam perayaan Imlek, yang pertama adalah sembahyang untuk arwah leluhur dan yang kedua adalah sembahyang Imlek secara bersama-sama dengan umat tionghoa yang merayakannya. Wakil Ketua Umum Klenteng Kwan Sing Bio, Lio Pramono mengatakan, tradisi sembahyang pada saat perayaan Imlek ada dua macam.

Perayaan Imlek di Klenteng KSB Dikemas Sederhana

Hari ini adalah persiapan perayaan Imlek 2567, namun tak ada perayaan khusus atau mewah di Klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Tuban. Untuk memperingati tahun baru ini pihak klenteng hanya menggelar ramah-tamah dengan hiburan musik sederhana.

Daftar Tunggu Haji Tuban Sekitar 24 Tahun

Masyarakat nampaknya akan berfikir ulang jika akan melaksanakan ibadah haji. Sebab, untuk melaksanakan rukun islam kelima tersebut, estimasi waktu yang digunakan atau daftar tunggu, untuk pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH), membutuhkan waktu sekitar 24 tahun sejak mendaftar, tentunya bukan waktu yang singkat. Namun demikian, masih ada kompensasi dari Kementerian untuk memberangkatkan CJH tertentu.

Pameran Seni Rupa Pendidikan

Hari Pertama, Pameran AKSI Sedot 300 Pengunjung

Pameran seni rupa pendidikan yang digelar Ajang Kesenian (AKSI) di galeri AKSI-Golden Dim Sum, Jalan Dr Soetomo, Kabupaten Tuban cukup sukses menyedot animo pengunjung.

Pita dipotong, Pameran Aksi Resmi Dibuka

Pemotongan pita menandai Pameran Ajang Kesenian (Aksi) Tuban resmi dibuka. Acara yang dilaksanakan Rabu (3/2) malam di di Jalan Dr Soetomo, belakang Restoran Golden Din Sum sukses menyedot animo masyarakat untuk datang melihat pameran seni.

AKSI Tuban Resmi Dibuka

Ajang kesenian atau yang dikenal dengan sebutan AKSI Tuban, resmi dibuka. Hal tersebut ditandai dengan adanya tumpengan yang berada di tempat kreasi para seniman tersebut di Jl.Soetomo Tuban, pada Selasa (2/2/2016) malam. Dalam peresmian AKSI tersebut, terlihat beberapa seniman baik dari Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban dan juga seniman dari luar turut hadir.

Apa Kabar Bumi Wali (AKBW), Makam Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo, Adipati Kadipaten Tuban ke-7

Sebelum Bertarung, Banyak Paslon yang Berziarah

Makam yang berada di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban adalah makam Syekh Abdurrohman atau banyak dikenal dengan nama Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo.

Pagelaran Ketoprak Hibur Warga Karang Tengah

Semakin majunya teknologi dan juga zaman yang terus berkembang, membuat seni pagelaran yang ada ditengah-tengah masyarakat kian terkikis, dan bisa dibilang sudah tertelan oleh zaman alias hilang dengan sendirinya. Seperti halnya seni pagelaran ketoprak.

Budaya sambatan Masih Mengakar di Jatirogo

Sambatan atau praktik gotong royong membongkar rumah serta membenahinya kembali memang sudah dilakukan secara turun temurun yang perlahan mulai pudar. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat pedesaan seperti yang terdapat di Desa Karangtengah, Kecamatan Jatirogo.