Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Panganan Tuban

Gurihnya Bubur Jagung, Cocok untuk Menu Sarapan

Masyarakat Tuban dan sekitarnya sangat kaya akan kuliner berbahan dasar jagung. Saat jagung mulai panen, banyak para petani yang mengolah jagungnya menjadi berbagai jenis makanan. Seperti halnya marneng, blendung, dan bubur jagung.

NU Akan Gelar Bahtsul Masail

 PC NU Kabupaten Tuban akan menggelar bahtsul masail NU tingkat kabupaten. Acara akan membahas hukum beberapa hal yang sangat penting bagi umat.

Esai Minggu

Ketika Semua Orang Adalah Jurnalis dan Media

Dulu, ketika media hanyalah cetak, radio dan segelintir televisi, masyarakat tak cepat panik oleh sesuatu yang heboh di media. Maklum, jumlah pembaca media hanya sebagian kecil dari jumlah penduduk Indonesia. Sebagian lain, terutama yang tidak mengonsumsi media, mendapatkan informasi dari warung, gardu, pasar, atau jamaah jamaah pengajian. Sebuah informasi mengalir pelan, tidak tergesa gesa.

Lama Menunggu, Jumlah Pendaftar Haji Menurun

Pendaftar jamaah haji di Kabupaten Tuban terus mengalami penurunan sejak tiga tahun terakhir. Diduga, hal ini dipicu karena lamanya antrian pendaftar untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Tuban Bakal Lakukan Branding Lagu Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar), berupaya melakukan pengembangan wisata. Namun, kali ini pengembangan wisata yang berkaitan dengan seni musik daerah.

Esai Minggu

Selalu Jadi Anak Kecil di Depan Ibu

Hari ini bukan Hari Ibu, juga bukan hari perempuan. Tapi, entah kenapa saya sangat ingin menulis tentang ibu. Juga bukan lantaran Ani Yudhoyono, istri Susilo Bambang Yudhoyono akan maju sebagai capres pada 2019 mendatang. Bukan. Sama sekali bukan urusan politik. Saya hanya hendak bernostalgia dengan sosok ibu. Ya, ibu saya.

Empat Warna Miliki Makna dalam Seni

Setiap seni memiliki simbol atau tanda sendiri. Tidak terkecuali dalam berseni tari, yakni terdapat warna yang diyakini sebagai simbol dan memiliki makna sendiri.

Nama Kecil "Tuhan" Adalah Bari

Tuhan (56), warga Desa Pringgodani, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, menikahi pujaan hatinya, Siti Marpuah (35), warga Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, hari ini, Kamis (17/3/2016). Tuhan ternyata punya nama kecil, sebelum diganti. Nama kecilnya adalah Bari, namun kakeknya yang menggantinya menjadi Tuhan.

Kritik Gerak dan Busana Seni Tidak Berunsur Religi

Polemik yang dihadapi Bidang Pariwisata khususnya kepala seksi Kebudayaan, Sumardi dalam berkesenian Tuban yang identik dengan gerak tari dan busana khas, kerap menuai protes. Lantaran garak dan busana yang tidak mencerminkan unsur religi yang digencarkan sebagai program pemerintah saat ini.