Nama Kecil "Tuhan" Adalah Bari

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tuhan (56), warga Desa Pringgodani, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, menikahi pujaan hatinya, Siti Marpuah (35), warga Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, hari ini, Kamis (17/3/2016). Tuhan ternyata punya nama kecil, sebelum diganti. Nama kecilnya adalah Bari, namun kakeknya yang menggantinya menjadi Tuhan.

"Yang beri nama (Tuhan) itu kakek saya," jelas Tuhan, usai melangsungkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA) Grabagan.

Dia menjelaskan, sebelum usia satu tahun dia kerap sakit-sakitan. Kakeknya kemudian berinisiatif mengganti namanya. Entah kebetulan apa tidak, sakit dia sembuh dan nama inilah yang dipergunakan dia sampai berusia 56 tahun. "Nama kecil saya dulu Bari, tapi karena sering sakit sama kakek diganti," jelasnya.

Pria yang menjadi duda karena istrinya meninggal itu, mengaku tidak pernah mendapatkan perlakuan berbeda dari masyarakat. Dia tetap bisa diterima di tengah pergaulan. Alasan inilah, yang tampaknya menjadikan dia enggan untuk berganti nama.

Sebelumnya, munculnya seorang pria yang mendaftar nikah dan bernama Tuhan cukup membuat kaget petugas KUA. Bahkan, Siti Marpuah, yang tak lain adalah istrinya, juga sempat kaget ketika berkenalan untuk pertama kali. [pur/fah]