Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Jejak Spiritualitas di Bumi Wali

Komitmen Sebarkan Agama Islam di Tuban (2)

 Pangeran Purboyo yang merupakan keturunan Sultan Pajang I Hadiwijoyo atau memiliki sebutan lain Jaka Tingkir masih saudara sekandung dengan Pangeran Kusumoyudho atau akrab disebut Kyai Abdul Jabar.

Jejak Sepiritual di Bumi Wali

Pangeran Purboyo Miliki Garis Keturunan Jaka Tingkir? (1)

Keberadaan situs makam Pangeran Purboyo belum masif diketahui masyarakat Tuban.  Berlokasi di Dusun Purboyo Mayang Sekar, Desa Rengel/ Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, makam Pangeran yang dikatakan masih satu garis keturunan dengan Pangeran Jaka Tingkir menarik untuk ditelusuri.

Jejak Spiritual di Bumi Wali

Sayid Imron, Wali Allah di Desa Boncong

Kabupaten Tuban memang kaya akan sejarah tentang kewalian, bahkan sejarah tersebut hingga berada di desa-desa di ujung kabupaten, seperti yang ada di Desa Boncong Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban, terdapat makam Wali Allah Sayid Imron. Tak heran, dengan banyaknya peninggalan makam para wali yang ada di Tuban, membuat kabupaten yang memiliki banyak pohon siwalan ini dijuluki dengan Tuban Bumi Wali.

Jejak Spiritual di Bumi Wali

Banyak Petilasan, Syech Subakir Seorang Penjelajah? (Bagian 2)

Jejak keberadaan Syech Subakir memang masih menyimpan misteri. Kisah Waliyullah, yang mempunyai ilmu kesaktian tinggi itu memantik perhatian banyak kalangan. Tak terkecuali Pemerhati Sejarah Islam di Tuban, Jamal Ghofir, yang membenarkan kalau Syech Subakir merupakan wali sepuh dan diyakini angkatan pertama dari penyebar agama Islam di Jawa. Syech Subakir merupakan penyebar agama Islam di kawasan Maghribi, kawasan Gujarat, Arab.

Jejak Spiritual di Bumi Wali

Syech Subakir, Penumbal Tidar dan Penakluk Lelembut Jawa (bag 1)

Tanah seluas satu lapangan sepak bola, terlihat asri dikelilingi pohon besar. Tanah tersebut disekat menggunakan bangunan batu dan terdiri beberapa bagian. Sekat pertama diperuntukkan untuk bangunan Masjid, kemudian sekat kedua ada di sisi kanan Masjid dipergunakan sebagai kompleks pemakaman warga, dan sekat terakhir berada tepat di belakang Masjid, merupakan kompleks yang dipercayai sebagai makam salah satu tokoh penyebar agama Islam di pulau Jawa.

Tim Rukyat Tuban Tak Bisa Lihat Bulan

Tim Rukyatul Hilal (melihat bulan) Kabupaten Tuban tidak dapat melihat munculnya hilal atau bulan yang menandakan masuknya Bulan Ramadan. Tim yang terdiri dari Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Tuban, dan KSO Pertamina Blok Cepu, yang melakukan pengamatan di 070 03’ 35.25” LS dan 111 0 42’ 17.37 “ BT Puncak Desa Banyuurip, Kecamatn Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (5/6/2016).

Museum Kambang Putih Simpan 5.774 Benda Bersejarah

Museum Kambang Putih Tuban saat ini tercatat menyimpan sebanyak 5.7774 benda bersejarah, Benda-benda yang terakait dengan masa lampau itu, didapat dari sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban.

Sedekah Bumi Banyubang, Grabagan

Warga Bawa Berbagai Macam Jajanan

Tradisi Sedekah Bumi atau mangangan memang masih kental, dan masih terus dilestarikan dipedesaan, seperti halnya di Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Jelang Ramadan, Penjual Janur Mulai Ramai

Puluhan pedagang dadakan daun kelapa muda atau janur kuning dan daun lontar mulai padati pasar tradisional Desa Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Kamis (19/5/2016).