Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Sedekah Bumi Bektiharjo

Warga Tabur Nasi di Pemandian

Ungkapan rasa syukur atas nikmat air dari sumber Bektiharjo, dalam sedekah bumi kali ini warga turut menabur nasi pada sumber pemandian tersebut, Rabu (18/5/2016).

Ribuan Santri Ramaikan Karnaval PONPES Alhikmah Tuban

Gebyar karnaval yang digelar dalam rangka memperingati Haul Pondok Pesantren (Ponpes) AL Hikmah pada tanggal 15 Mei 2016 di Desa Binangun, Kematan Singgahan, Kabupaten Tuban berlangsung meriah.

Galian C yang Berdampak Negatif Dinilai Haram

 Wilayah Kabupaten Tuban yang sebagian besar termasuk kawasan galian C yang kerap menjadi obyek menimbulkan dampak negatif, baik bagi masyarakat ataupun alam. Berikut dari sudut pandang syar'i menanggapi dampak negatif tersebut.

Ahli Waris Tak Bisa Gantikan Antrian CJH Meninggal

Sebanyak 10 Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci. Hanya saja, posisi antrian mereka tidak bisa digantikan begitu saja oleh ahli waris.

10 CJH Ini Meninggal Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 33 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban diketahui gagal berangkat tahun ini karena berbagai sebab. Diantaranya adalah 10 CJH yang meninggal dunia sebelum bisa menunaikan ibadah haji.

Catatan Dr Sariban, Kurator Pameran Sastra "Dua Empat Jam" Komunitas Langit Tuban

Sastra Tuban: Membaca Sejarah Kesadaran Kehidupan

Pameran sastra oleh Komunitas Langit Tuban (KLT) di Aula Graha Pradya Suara, Jalan Mastrip 5 Tuban, resmi dibuka hari ini, Sabtu (7/5/2016). Sedikitnya ada 47 karya sastra berupa puisi dan cerpen yang terpajang di ruang pamer. Berikut catatan lengkap Dr Sariban, Kurator Sastra Tuban.

33 Warga Tuban Gagal Berangkat Jamaah Haji

Sebanyak 33 warga Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban yang dijadwalkan berangkat tahun 2016 gagal berangkat. Hal ini, menjadikan jumlah CJH di Tuban untuk sementara tidak sesuai dengan kuota yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 770 jamaah.

Batik Tenun Gedog

Berikut Tahapan Pembuatan Batik Tenun Gedog

Mendengar kata batik pasti kebanyakan orang akan terarah kepada sebuah keterampilan atau kerajinan yang dihasilkan oleh tangan manusia sehingga mempunyai nilai seni dan ekonomi.

Batik Tenun Gedog

Perajin Mayoritas Petani, Produksi Terkendalam Musim

Dari tahun ke tahun produksi Batik Tenun Gedog di Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mempunyai kendala yang sama. Yakni, tidak konsistennya para perajin dalam memproduksi batik karena hanya mengisi waktu luang di sela-sela pekerjaan utama sebagai petani.

Mengenal Batik Tenun Gedog Desa Kedungrejo

Setiap karya seni atau kebudayaan pasti terkandung sebuah nilai sejarah di dalamnya, seperti halnya sejarah Batik Tenun Gedog yang berada di Kecamatan Kerek.