164 Warga Tuban Terdeteksi Mengidap HIV/AIDS, Rata-rata Usia Produktif

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam kurun waktu sebelas bulan, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, menemukan ratusan penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tuban. 

Kepala Dinkes P2KB Tuban, Esti Surahmi mengatakan terhitung mulai Bulan Januari sampai November 2023, pihaknya menemukan sebanyak 164 pasien yang menderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Tuban.

"Ada 164 kasus HIV/AIDS yang kami temukan sepanjang tahun 2023 ini," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (12/12/2023). 

Dari data yang dimiliki oleh Dinkes P2KB Tuban, rata-rata yang terjangkit penyakit menular tersebut adalah usia produktif. Namun, terdapat pula yang masih berusia anak-anak dan juga sudah dewasa. 

Oleh karena itu, untuk menghadapi hal tersebut, Esti mengaku selalu melakukan edukasi dan mendampingi pasien, agar rajin tetap semangat dalam menjalankan pengobatannya. 

"Langkah yang kami lakukan yaitu dengan cara mengedukasi, mendampingi dan mengedukasi agar penderita tetap semangat dan tertib minum obat sehingga tetap produktif," bebernya. 

Di samping itu, untuk mengatasi tingginya pasien yang terjangkit virus HIV ini, Dinkes P2KB Tuban juga melakukan berbagai tindakan lainnya. 

Diantaranya seperti memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas maupun rumah sakit khusus, yang menangani pasien HIV tersebut, baik dari segi pemeriksaan maupun pengobatannya. [Sav/Ali]