Kumpulkan 39 Poin, Tuban Sementara Rangking 19 Di Bawah Bojonegoro

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban saat ini telah mengumpulkan 39 poin di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jatim 2023. Meski sementara berada di rangking 19, namun rangking Tuban masih di bawah Bojonegoro yang saat ini rangking 16 dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. 

Koleksi 39 poin yang kini dimiliki Tuban berdasarkan medali yang diperoleh selama Porprov berlangsung. Dikutip blokTuban.com dari situs KoniJatim, untuk sementara Tuban baru mengoleksi 3 medali emas dari cabor Petanque nomor triple putri, panjat tebing nomor speed world record perorangan oleh Eka Dian Krismawati, dan angkat besi nomor 61 Kilogram clean & jerk putra oleh Agus Sugikarto.

Untuk koleksi medali perak ada 9, dari cabor gulat nomor gaya grego 55 Kg oleh Yoga Prasetio Priatmojo, gulat nomor gaya bebas putri 45 Kg oleh Dwi Wahyu Lestari, gulat nomor gaya grego 130 Kg oleh Egi Kurnia Putra Pratama, atletik nomor lompat jangkit putri oleh Nabila Fafriliani Ardiyansyah, angkat besi nomor kelas 71+ Kg Snatch Putri, nomor Kelas 71+ Kg Clean & Jerk, Putri, nomor Kelas 71+ Kg Total, Putri oleh Agustina Intan Paripurna, dan angkat besi nomor Kelas 61 Kg Snatch Putra dan nomor Kelas 61 Kg Total, Putra oleh Agus Sugikarto. 

Sementara untuk koleksi medali perunggu diraih dari cabor, Gulat nomor Gaya Grego 50 Kg oleh Kasmin, Gulat nomor Gaya Bebas 53 Kg Putri oleh Shella Irma Elvariani, Angkat Besi nomor Kelas 55 Kg Snatch Putri oleh Diana Indah Novianti, Angkat Besi Nomor Kelas 59 Kg Snatch Putri, nomor Kelas 59 Kg, Clean & Jerk Putri, dan nomor Kelas 59 Kg Total, Putri oleh Juni Aneka Sari, Angkat Besi nomor Kelas 73 Kg Clean & Jerk, Putra dan nomor 73 Kg Total, Putra oleh Nobel Dwika Cahaya Firnanda Abifania, dan Biliar nomor 10 Ball single Putra oleh Purnomo Septiyano. 

Sama dengan Porprov sebelumnya, Porprov VIII Jatim 2023 menggunakan penghitungan poin dalam perolehan medali untuk menentukan peringkat klasemen setiap kontingen. 

Satu keping emas dikonversi 4 poin, satu medali perak 2 poin, dan satu keping medali perunggu dikoversi menjadi 1 poin. Penghitungan poin pada medali itu mengacu pada sistem Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KONI). 

Kepala Disbudporapar Tuban, M. Emawan Putra melalui Kabid Kepemudaan dan Olahraga, Arman Mitra masih optimis Kabupaten Tuban mampu menambah medali emas di ajang Porprov VIII Jatim ini. 

"Yang peluang bertambah emas yakni Cabor Angkat Berat, Kurash, Sambo, dan Atletik," kata Arman kepada blokTuban.com, Selasa (12/9/2023). 

Kabupaten Tuban di Porprov VIII Jatim kali ini mengirimkan 390 kontingen terdiri dari 323 atlet dan 67 pelatih serta official. Terdapat peningkatan jumlah atlet dan cabor yang diikuti. 

Jika pada tahun 2022 Kabupaten Tuban mengirimkan 293 atlet pada 39 cabor, tahun ini sebanyak 323 atlet akan berjuang di 43 cabor. [Ali]