Lanjutan Aksi Damai, Musdes Mojoagung Digelar Kembali

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Menindaklanjuti aksi damai yang beberapa waktu lalu sempat dilakukan oleh warga Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat hari ini, Kamis (3/5/2018) siang mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) kembali.

Sejumlah warga dari masing-masing wilayah Desa Mojagung, meliputi pemuda, tokoh masyarakat, berikut BPD, Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes), Bendahara Desa dan Muspika Kecamatan Soko turut hadir dalam sebuah forum di Balai Desa setempat.

Mengawali acara, Kades Mojoagung memberikan sambutan kepada para warga dan tamu undangan yang hadir dalam Musdes. Pihanya berharap, agar setelah dilakukan musyawarah kali ini bisa memperbaiki ‎kepengurusan Pemdes Mojoagung menjadi lebih baik.

"Mari kita musyawarahkan semua program-program desa ini agar lebih jelas, menyelesaikan permasalahan yang ada, agar pemerintahan desa ‎semakin maju berkembang," ujar Siti Ngatiyah selaku Kades Mojoagung.

Selain itu, Camat Soko juga menambahkan, adanya musyawarah desa diharapkan agar ‎bisa membahas apapun bentuk pemerintahan yang belum jelas, menjadi lebih gamblang tanpa ada keselahpahaman lagi.

"Nanti, yang belum jelas dan belum tahu silakan ditanyakan. Program pemerintahan dan pembangunan tahun 2014 hingga 2018 ini akan disampaikan oleh Kades beserta birokrasinya," papar Camat Soko, Suwito SH dalam sambutan acara.

Ditambahkan Camat Soko, ketika sesi tanya jawab dan Pemdes memberi penjelasan, maka harus didengar tanpa memotong penjelasan rinci yang disampaikan. Pelaksanaan Musdes yang kondusif, penyelesaian masalahan selesai, dan kejelasan detail agar semua pihak tak ada unsur pemikiran negatif, baik terhadap diri sendiri dan penyelanggara birokrasi desa.

Adanya semua pihak dalam Musdes, lanjut Camat Soko, semua pihak dihimbau supaya memiliki niat hati ikhlas untuk Mojoagung lebih baik, supaya kedepannya kegiatan apapun dalam pemerintahan bisa diterima oleh masyarakat.

"Pergunakan sesi tanya jawab dengan maksimal. Mudah-mudahan lancar, bisa memperjelas permasalahan yang ada‎, mendapat Hidayah dan Ridho dari Allah SWT," pungkas Camat Soko.

Sementara itu, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Soko yang dihadiri oleh wakilnya menegaskan agar pelaksanaan Musdes diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

‎"Mari menjaga persatuan dan keamaanan demi kebaikan bersama‎. Jaga niat awal untuk Musdes ini, yaitu niat kebaikan‎," tegas IPDA Ali Shodikin selaku Wakapolsek Soko.

Sekedar diketahui, sebelumnya warga Desa Mojoagung sempat melakukan aksi damai namun dengan spontanitas saja. Aksi tersebut kemudian diwadahi oleh anggota Polsek Soko beserta BPD setempat, sehingga dikerucutkanlah sembilan poin bahasan tentang program kepengurusan desa yang dinilai kurang kejelasannya.

Hingga kini, susasana di Balai Desa Mojoagung masih terus diselimuti musyawarah dan bahasan-bahasan program desa. [feb/ito]