Ratusan Buruh Tuban Gelar Aksi Turun Jalan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada Selasa (1/5/2018), ratusan buruh di Kabupaten Tuban yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Tuban menggelar aksi turun jalan.

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com, aksi turun jalan ratusan buruh dari berbagai perusahaan yang ada di Tuban tersebut memulai aksinya dengan konvoi, dengan rute dari lapangan sepakbola Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak, pertigaan Desa Sumberarum lalu ke Jalur Pantura Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo.

Kemudian sampai rest area Tuban, ratusan buruh melanjutkan aksi konvoi di bundaran patung Letda Sucipto, perempatan Kembang Ijo, pertigaan Samudra Swalayan, perempatan Tridarma, Jalan KH. Agus Salim, Alun-alun Kota, Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Dalam aksi konvoi tersebut, koordinaor lapangan aksi juga terus berorasi menyampaikan agar Pemerintah Kabupaten Tuban mensejahterakan kaum buruh. "Hidup buruh," terang salah satu korlap aksi dalam orasinya.

Setelah sampai di depan Kantor Pemkab Tuban, dengan menyuarakan tuntutannya, ratusan buruh lanjut menggelar aksi longmarch dengan rute Jalan Veteran, Jalan Basuki Rahmat, Perempatan Jalan Pemuda, Perempatan Sumur Serumbung, dan kembali ke Kantor Pemkab Tuban. [hud/rom]

aksi-buruh