Musim Panas, Semangka Inul Banyak Dipetik di Prambonwetan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Memasuki musim panas ada bulan April ini, sejumlah daerah mulai nampak sibuk melakukan panen tanaman buah-buahan. Seperti halnya petani buah semangka di Desa Prambonwetan, Kecamatan Rengel.

Sejak pertengahan April, petani di Desa Prambonwetan telah memanen banyak semangka jenis Inul yang memiliki bentuk lonjong‎, dengan daging buah berwarna kuning terang.

"Kalau di Prambonwetan lagi musim-musimnya semangka Inul Mas. Ini saja sehari sudah muat sampai tiga kali bak Pick Up,"‎ ungkap Abdul Rahman, yang sedang mengirim semangka di Desa Banjararung, Kecamatan Rengel, Senin (30/4/4/2018).

‎Dia juga menambahkan, tanaman Semangka lonjong yang ditanam pada lahan pertanian Prambonwetan memanglah tak banyak diketahui masyarakat umum, sebab penanaman dilakukan di lahan yang cukup jauh dari akses jalan raya.

Kendati demikian, hasil penanaman semangka di desa tersebut tak bisa dianggap remeh. Melalui proses sortir para pedagang dan pemborong‎, semangka Inul dengan kualitas diatas rata-rata bisa dikirim sampai luar kota. Seperti Pasar Agro Lamongan, Pasa‎r Benowo dan Manukan Surabaya.

"Sekali borong angkut Pick Up ini, bisa muat sampai dua setengah ton semangka Inul," pungkas lelaki asal Kedungrojo, Kecamatan Plumpang itu kepada blokTuban.com. [feb/col]‎