Lawan Hoak, Diskominfo Bina Kelompok Informasi Masyarakat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Kantor Kecamatan Tuban, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tuban melakukan pembinaan kepada sejumlah admin Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Tuban, Kamis (26/4/2018).

Pembinaan dengan tema ‘Menuju Masyarakat Cerdas, Informatif dan Inovatif’ tersebut, Diskominfo turut mendatangkan narasumber dari Diskominfo Provinsi Jawa Timur (Jatim). Selain pembinaan, Diskominfo juga meminta agar para peserta yang hadir membentuk KIM.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informasi Diskominfo Tuban, Imanuddin mengatakan, manfaat diselenggarakanya kegiatan ini sangat banyak, seperti halnya bisa membantu desa untuk menginformasikan apa-apa yang menjadi potensi desa.

“Seperti kegiatan karang taruna, UMKM desa, sehingga bisa diinformasikan melalui blog maupun web desa,” kata Imanuddin.

Lebih lanjut Imanuddin menambahkan, dalam kegiatan ini para peserta juga diberi bekal untuk melawan informasi maupun berita hoax. Disamping itu, pihaknya juga mengupayakan agar para organisasi kepemudaan di Kabupaten Tuban turut mendukung gerakan anti hoax.

Diskominfo Kabupaten Tuban berharap, masyarakat Bumi Wali mengenal informasi yang baik dan benar. Disamping itu juga bisa cerdas dalam memanfaatkan informasi, bukan hanya untuk menyebarkan informasi, namun juga bisa memanfaatkan dengan maksimal untuk usaha.

“Harapanya selain menyebarluaskan informasi terkait potensi desa juga bisa memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha,” pungkasnya.

Selebihnya untuk kegiatan seperti ini Diskominfo Tuban akan menyelenggarakan secara rutin, namun untuk sementara masih di wilayah Kecamatan Kota. [hud/rom]