Ibu Wapres Resmikan Kampung Wisata Batik Gedog di Kerek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ibu Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Mufidah Jusuf Kalla, Kamis (3/5/2018) siang meresmikan Kampung Wisata Batik Gedog Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban

Dari pantauan blokTuban.com, peresmian wisata kapung batik gedog Desa Margorejo tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Ibu Wapres yang sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Kepala Desa Margorejo Junaidi mengungkapkan, kegiatan istri wakil presiden di Desa Margorejo ini untuk meresmikan sekaligus pembukaan Kampung Wisata Batik Gedog.

"Kegiatan Bu JK di Desa Margorejo ini untuk meresmikan kampung wisata batik, selain itu untuk mengunjungi langsung para pengrajin batik," ujar Kepala Desa Margorejo, Junaidi.

Lebih lanjut, kades menjelaskan konsep dari kampung wisata batik gedog yang diresmikan ibu wapres ini, desa memperlihatkan proses membatik mulai awal hingga akhir dan proses menenun dari awal hingga akhir.

Pihaknya juga mengaku sengaja mengarahkan ibu wapres dan rombonganya untuk menyusuri kampung wisata batik, karena pihaknya ingin menyampaikan pesan moral.

"Kami ingin menyampaikan pesan moral agar para pejabat-pejabat itu paham bagaimana sulitnya, ribetnya membatik, sehingga hargailah karya kami," pungkas Kades.

Diketahui, selain meresmikan kampung wisata batik gedog Ibu Mufidah Jusuf Kalla juga sempat bercengkrama dengan para pembuat batik. Disamping itu Ketua Dekranas itu juga mengunjungi Bumdes Margo Makmur, Desa Margorejo.[hud/ito]