Masih Proses Administrasi, DD di Tingkis Belum Cair

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Keluarga Berencana (DPMD dan KB) Tuban mengakui pencairan dana desa (DD) di Desa Tingkis, Kecamatan Singgahan molor. Pasalnya proses administrasi belum rampung.

Kepala DPMD dan KB, Mahmudi mengungkapkan dari semua desa di 20 kecamatan telah selesai mencairkan, tinggal Desa Tingkis, Kecamatan Singgahan satu-satunya yang belum.

“DD tahap pertama sudah seluruh kecamatan mencairkan, tinggal Desa Tingkis saja,” jelas Mahmudi ketika dikonfirmasi wartawan blokTuban.com, Selasa (11/7/2017).

Pria berkaca mata itu mengatakan, memasuki tribulan ketiga tahun 2017, tinggal satu desa di Bumi Wali, sebutan Kota Tuban yang belum bisa mencairkan dana transfer dari pemerintah pusat itu. Sebab, pencairan masih menunggu kelengkapan administrasi pengajuan.

“Saat ini sudah proses, dalam waktu dekat semoga cair,” imbuh Mahmudi penuh harap.

Diberitakan sebelumnya, Pencairan DD untuk 311 desa se-kabupaten pada tahun anggaran 2017, setiap desa minimal akan menerima kucuran dana sebesar Rp700 juta. Seperti diketahui, tahun ini dana yang bersumber dari pemerintah pusat naik menjadi Rp252 miliar dari pada tahun 2016 yang hanya Rp197 miliar. [rof/fah]