Lomba Tonglek Meriahkan Kecamatan Singgahan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71, Pemerintah Kecamatan Singgahan selenggarakan lomba tonglek, Minggu (14/8/2016).

Lomba tonglek yang telah menjadi agenda tahunan ini di ikuti delapan kelompok dari Kecamatan Singgahan dan Kecamatan Montong, lomba yang diawali atau Start dari TPK Ngrogo dan Finish di Kantor Kecamatan Singgahan ini para peserta lomba menampilkan beberapa aksinya untuk menarik perhatian para penonton.

Mulai penampilan tarian jaranan, hingga pesertanya menari, dan pernak pernik lainya disuguhkan para peserta agar penonton merasa terhibur dengan adanya tonglek dari masing-masing peserta.

"Lomba tonglek di Kecamatan Singgahan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan dalam memperingati HUT RI," ujar Seksi Lomba Tonglek Kecamatan Singgahan, Sugiono kepada blokTuban.com.

Disamping meriahnya lomba tonglek tersebut, agenda tahunan ini juga memiliki tujuan yang positif, yakni untuk menguri-uri atau melestarikan kesenian tradisional asli Jawa, yang mana kesenian-kesenian tersebut sudah mulai tergeser.

Diharapkan kesenian tradisional jawa khususnya kesenian tonglek bisa berkembang baik dari kuwalitas maupun kuwantitasnya."Dengan adanya lomba tonglek, peserta bisa meningkatkan kuwalitas agar semakin diminati masyarakat," pungkasnya.[hud/ito]