Ratusan Pendekar Ikut dan Kawal Gerak Jalan di Senori

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Ratusan pendekar yang tergabung dari enam perguruan silat se-Kecamatan Senori, Kawal perlombaan gerak jalan di Kecamatan Senori, Sabtu (13/8/2016). Kegiatan yang digelar panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) siang ini cukup menghibur masyarakat di sekitar rute yang dilalui para peserta gerak jalan.

Kapolsek Senori, AKP. Simon Santoso mengatakan, dalam perhelatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 akan melibatkan para pendekar dalam segala perlombaan. Semangat kebersamaan mulai dibina guna terciptanya persaudaraan yang kokoh antara anggota perguruan nantinya.

“Dengan langsung melibatkan beberapa pendekar dari lintas perguruan, kebersamaan bisa terwujud,” kata Simon Kepada blokTuban.com, Sabtu (13/8/2016).

Lanjut Simon, perlombaan kalau dulu identik dengan persaingan antar pendekar, namun untuk tahun ini harapannya berbeda. Mereka diarahkan untuk bersatu dan berbaur dalam satu barisan guna menunjang berjalannya perlombaan lebih tertib.

Terpisah Ketua umum PHBN Kecamatan Senori tahun 2016, Rudi Sulopo mengungkapkan, panitia sangat mengapresiasikan setinggi-tingginya kepada enam perguruan yang tersebar di Kecamatan Senori. Mereka sudah mau berpartisipasi dengan semangat persatuan dan kesatuan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para pendekar darai PSHT, IKSPI, Pagar Nusa, Marga Luyu 151, Cimande, dan Persaudaraan Rumpun Setia Hati (PRSH) yang sudah ikut berpartisipasi dan menjaga keamanan perlombaan,” tutur pria yang juga kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Senori ini.

Menurut pria yang karap disapa Rudi, dengan bersatunya para pendekar ini nantinya bisa juga mengurangi gesekan-gesekan yang mengakibatakan perpecahan. Kegiatan ini menjadi awal bersatunya mereka dan berlanjut di acara-acara selanjutnya. “Mereka lebih terkoordinir, dan mudah untuk dikontrol,” pungkas Rudi.[rof/ito]