Senori Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Tuban, Jawa Timur akan digelar pada bulan Desember mendatang. Berbagai persiapan masing-masing Kecamatan berbeda. Di Kecamatan Senori misalnya, baru kemarin Jum’at (12/8/2016), Camat Senori, mengundang seluruh panitia Pilkades dari Desa Ngrayung dan Katerban, guna memastikan persiapan pelaksanaan demokrasi tersebut berjalan lancar, aman dan sukses.

Rapat koordinasi pertama tersebut digelar di pendopo Kecamatan Senori. Turut hadir dalam rapat, perwakilan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), UPT Dinas Pendidikan dan Olahraga (UPTD Dikpora), Kepala Puskesmas, dan seluruh anggota panitia pilkades. Nantinya juga akan ada tahapan koordinasi selanjutnya di masing-masing desa.

"Sengaja kita kumpulkan seluruh panitia pilkades dari dua desa di wilayah Kecamatn Senori, untuk memastikan terkait kesiapan mereka," kata Camat Senori, Eko Julianto kepada blokTuban.com, Jum'at siang (12/8/2016).

Sebabnya, dua desa di Kecamatan Senori ini turut mengikuti pilkades serentak bersama 36 desa lainnya se-Kabupaten Tuban pada Desember mendatang. Menurut camat yang akrab disapa Eko itu mengatakan, bahwa untuk mengantisipasi terkait kericuhan atau suasana yang tidak kondusif saat pelaksanaan Pilkades 8 Desember mendatang, maka panitia pilkades harus benar-benar tegas dalam menentukan sikap bagi para pendaftar calon kepala desa (Cakades) sebelumnya.

"Harapannya, panitia benar-benar selektif, dan harus jeli terkait cela-cela yang bisa dimanfaatkan Cakades," tandas Camat kelahiran Jombang tersebut.

Koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas juga harus dilakukan. Nantinya, tugas panitia desa juga harus melakukan koordinasi tersebut, agar suasana pesta demokrasi pada pilkades benar-benar tercipta. Oleh karena itu, pentingnya semua elemen masyarakat untuk menciptakan kondusifitas dalam pilkades serentak tersebut. [rof/rom]