Kesehatan Jiwa Remaja, Penentu Kualitas Bangsa

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kesehatan jiwa adalah suatu bagian dari kesehatan yang merupakan unsur dalam menunjang terwujudnya kualitas hidup manusia yang utuh. Dan merupakan suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual serta emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan secara selaras dengan keadaan orang lain.

Plt. Kepala Puskesmas Bangilan, dr.Risa Wahyuningsih mengungkapkan, usia remaja merupakan usia paling rentan terhadap pengaruh yang berasal dari dalam dan dari luar yang dijalani oleh remaja itu sendiri.

"Orang tua dan pendidik sebagai bagian masyarakat yang lebih berpengalaman memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan remaja menuju kedewasaan," jelas dr.Risa, kepada blokTuban.com.

Lanjutnya, dalam hal ini remaja memiliki pandangan tersendiri, yang memiliki rasa ingin tahu yang kuat, karena pada masa dan umur tersebut. "Para remaja lebih senang untuk mencari dan mencoba hal-hal yang baru. Sehingga lingkungan dan para orang tua serta guru memiliki peran penting untuk dapat membawa para remaja ke hal-hal yang positif," ujarnya.

Kesehatan jiwa remaja merupakan hal penting dalam menentukan kualitas bangsa. "Remaja yang tumbuh dalam lingkungan kondusif dan mendukung, merupakan sumber daya manusia yang dapat menjadi aset bangsa tidak ternilai," pungkas dr.Risa. [rof/rom]