Catur Wulan Pertama, Angka Kelahiran di Tuban Meningkat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Angka kelahiran atau persalinan dibanding tahun lalu mengalami peningkatan. Meningkatnya angka bersalin terhitung di catur wulan atau empat bulan pertama di tahun 2016 ini.

Data yang dihimpun blokTuban.com menyebut, pada empat bulan pertama 2015 lalu tercatat 5.675 kelahiran. Sedangkan di empat bulan pertama 2016 kali ini meningkat menjadi 5.713 kelahiran.

Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan (Dinkes), Muselah mengatakan, terdepat selisih yang relatif sedikit antara tahun sebelumnya. Selisih angka bersalin 2015 dan 2016 yakni 36 kasus.

"Kami (Dinkes) dalam memberi pelayanan terkait ibu hamil dan bayi selalu menjalin komunikasi dengan Puskemas, Rumah Sakit dan tenaga medis," kata Muselah kepada blokTuban.com, Selasa (14/6/2016).

Selain itu, lanjut Muselah, terdapat beberapa program dari pusat yang diperuntukkan untuk ibu hamil. Program yang melibatkan peranan masyarakat dan keluarga tersebut diantaranya program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi, peningkatan akuntabilitas dan kelompok ibu hamil. [dwi/rom]