Kematian Ibu Berbanding Terbalik dengan Bayi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Angka kematian ibu di Kabupaten Tuban pada empat bulan pertama 2016 mengalami penurunan dibanding tahun 2015. Akan tetapi, angka kematian bayi mengalami peningkatan diperempat bulan 2016 ini, dibanding tahun sebelumnya.

Data di lapangan yang berhasil blokTuban.com himpun mencatat, angka kematian ibu mengalami penurunan. Pada bulan Januari hingga Maret 2015 terdapat 6 kasus kematian ibu. Sedangkan empat bulan pertama 2016 kematian ibu tercatat ada 4.

Sementara itu, angka kematian bayi kian meningkat dari tahun 2015 dibanding tahun 2016. Pada 2015 tercatat 74 kasus kematian bayi dan pada 2016 terdapat 86 jiwa bayi meninggal.

"Saat ini tengah dilakukan program secara nasional, yakni Jari Emas atau Jejaring Rujukan Expanding Maternal And New Born Survival, yaitu salah satu upaya penanggulangan kematian ibu dan bayi," kata Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak, Dinas Kesehatan (Dinkes), Muselah, kepada blokTuban.com, Selasa (14/6/2016).

Diketahui, program Jari Emas tersebut telah berjalan satu setengah tahun di Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban. Program Jari Emas, lanjut Muselah diharapkan memberi dampak positif di tahun-tahun mendatang. Sebab prosedur dan proses program Jari Emas perlu pembiasaan dan penyesuaian. [dwi/rom]