Pesta Usai, Alun-Alun Penuh Sampah
Reporter: Edy Purnomo
 
blokTuban.com - Usai pesta perayaan menyambut malam tahun baru, keadaani alun-alun Kabupaten Tuban justru penuh dengan sampah, Jumat (1/1/2016).
 
Pantauan blokTuban.com, alun-alun mulai ditinggalkan warga dan pedagang mulai pukul 02.00 WIB. Usai pesta kembang api, mereka meninggalkan jejak aneka jenis sampah. Mulai dari pembungkus makanan, alas duduk  sampai beragam pernak-pernik perayaan tahun baru lain.
 
Kondisi semakin parah, karena banyak pedagang yang membersihkan lapaknya dan meninggalkan sampah begitu saja. Seorang pedagang, Warti (33), mengatakan kalau dia hanya sekadar ikut-ikutan pedagang lain membuang sampah sembarangan.
 
"Ikut-ikutan saja, yang lain juga begitu," kata perempuan ini.
 
Masalah sampah sedikit teratasi, dengan keberadaan beberapa pemulung yang mengambil barang bekas pakai. Hanya saja, mereka pun hanya memungut sampah berupa plastik dan kertas yang masih bisa untuk dijual kembali.
 
"Kalau seperti koran atau kertas makanan juga tidak laku, jadi banyakan kita mengambil botol atau gelas plastik," kata seorang pemulung, Darmaji (40), di alun-alun Tuban.
 
Sepertinya, alun-alun akan kembali steril setelah petugas kebersihan mendatangi lokasi, mereka segera membersihkan sampah pagi ini dan membawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). [pur/col]