Tak Hanya Jati, Ulat Juga Serang Tanaman Jagung

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Keberadaan ulat yang menyerbu Kabupaten Tuban selama beberapa hari terakhir, tidak hanya menyerang dan menghabiskan daun jati, tetapi juga mulai memakan daun tanaman jagung milik warga.

Kondisi ini, bisa dilihat di Dusun Kemuning, Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Di ladang jagung milik warga, tampak ulat warna hitam tanpa bulu ini juga turun ke ladang jagung. Daun jagung yang masih muda ini ada yang tidak utuh dan bolong-bolong. Ladang jagung ini, memang berada dekat dengan kawasan hutan jati.

"Sekarang memang musimnya tanaman jagung," jelas salah satu warga, Safuwan, kepada blokTuban.com, Kamis (31/12/2015).

Warga lain, Wininik (50), menerangkan kalau ulat jati ini awalnya ada di tanaman jati milik warga. Bahkan, juga mulai masuk ke lingkungan dan rumah yang ada di sekitarnya.

"Mungkin, karena daun jatinya sudah habis. Jadi ulat ini turun ke jagung yang baru berusia 3 minggu," kata perempuan yang mempunyai rumah dekat ladang jagung ini.

Sementara itu, selain jagung ulat ini juga memangsa beberapa tanaman kebun seperti pisang. Diakui Wininik, fenomena banyaknya ulat seperti sekarang belum pernah terjadi di tahun sebelumnya. [pur/rom]