Upacara Molor 30 menit, Undangan Berhamburan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Upacara pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban yang diselenggarakan di lapangan sepak bola Gedung Olahraga Rangga (GOR) Jaya Anoraga Kecamatan Kota Tuban, yang diselenggarakan pada Jumat (27/11) sempat diwarnai protes oleh peserta upacara.

Protes tersebut diluapkan dalam pembubaran barisan.  Peserta upacara  yang terdiri dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 4 Kecamatan Kota, Kecamatan Semanding, Kecamatan Palang, dan Kecamatan Merakurak terlihat meninggalkan lapangan upacara untuk berteduh atau makan makanan ringan.

Seorang peserta, Dida mengatakan, undangan yang diterimanya pukul 08.00 WIB dilaksanakan upacara. "Namun sudah sampai 30 menit berikutnya, belum mulai. Akhirnya kami memilih untuk berteduh," ungkap pria 27 tahun itu.

Satlinmas lain, Sutrisno juga mengatakan hal senada. Menurutnya, terik matahari yang panas membuat para peserta upacara lebih memilih untuk membubarkan barisan. "Sambil menunggu Wakil Bupati datang, kami beteduh dulu," kata Sutrisno.

Setelah melihat satlinmas mulai tak terkondisikan, akhirnya panitia mulai mengkondisikan dengan cara memanggil semua satlinmas dan juga melakukan penjemputan agar satlinmas segera kembali ke lapangan. Sebab, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein sebagai Pembina upacara akan segera datang.[nok/ito]