Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Musik Keroncong di Era Masa Kini

Musik keroncong merupakan salah satu genre musik yang populer di Indonesia. Menurut sejarahnya musik keroncong berasal dari daerah Eropa yang dibawa oleh portugis saat menjajah Indonesia. Ciri khas yang membedakan musik keroncong dan yang lain adalah dari alat musiknya.

Sendang Widodaren, Joko Tarub, Tempat Bertemunya dengan Tujuh Bidadari

Setiap daerah memang memiliki berbagai cerita legenda masa lalu, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. Rupanya di kabupaten ujung barat Jawa Timur ini terdapat sendang petilasan Joko Tarub yang disebut-sebut sebagai tempat bertemunya Joko Tarub dengan tujuh Bidadari.

Mengenal Patih Barat Ketigo Santri Sunan Bejagung Kidul

Kabupaten Tuban dikenal dengan sebutan Kota Bumi Wali, karena terdapat banyak makam wali. Selain Sunan Bonang, Asmoro Qondi, dan Sunan Bejagung, terdapat juga makam wali lain yakni makam Patih Barat Ketigo yang berlokasi di Taragan, Desa Perunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Pameran, Museum Kambang Putih Tuban Pamerkan Kalpataru

Museum Kambang Putih Tuban menyelanggarakan pameran bersama dengan lima museum pada tanggal 2-6 Oktober 2021 ini. Pameran tersebut merupakan puncak acara tahunan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Museum dan Taman Budaya non fisik sebagai sarana promosi museum selain program kajian koleksi museum dan Belajar Bersama Museum (BBM).

Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok

Kegiatan atau tradisi manganan sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan, seperti di yang dilakukan oleh warga Dusun Ndolok, Desa Klotok, Kabupaten Tuban.

Sumur Giling Sunan Bejagung Tuban Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit

Kabupaten Tuban memiliki julukan “Kota Bumi Wali” bukan tanpa alasan. Selain Makam Sunan Bonang terdapat destinasi wisata religi lain yang terkenal di Tuban yakni Makam Mbah Asy’ari atau dikenali sebagai Sunan Bejagung yang berlokasi di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding.