Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Susbalan Angkatan-30 Satkorwil Banser Jatim

Sukses Ikuti Susbalan, Perwira Banser Harus Tangguh dan Militan!

Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Tuban baru saja sukses menggelar Kursus Banser Lanjutan atau Susbalan angkatan ke-30 Satkorwil Banser Jawa Timur pada kamis - Minggu (6-9/1/2022) di lapangan Lembaga Pendidikan Hidayatus Shibyan, Cendoro Kecamatan Palang – Tuban. Selaku tuan rumah sekaligus panitia Susbalan, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Tuban mearasa bangga, sebab calon calon perwira Banser yang mengikuti Susbalan berasal dari berbagai daerah, maupun luar pulau hingga dari cabang luar negeri.

Alasan Perahu Ijon-Ijon Lamongan Dikonotasikan Perahu Perempuan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan mengupayakan perahu tradisional ijon-ijon diakui menjadi warisan budaya Nasional. Langkah ini diambil setelah sebelumnya, ritual Mendhak Sangring dari Desa Tlemang, Kecamatan Ngimbang, Lamongan ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional atau intangible cultural heritage pada (19/12/2021) lalu.

Pernah Mendapat FBK Kemendikbud, Wayang Suket Indonesia Performing Tour Keliling Jawa

Pada zaman dulu, Wayang Suket merupakan permainan tradisional anak-anak yang apabila tidak dilestarikan dan dijaga akan hilang ataupun punah begitu saja. Pada tahun 2018, seorang pemuda asal Kabupaten Tuban dengan membawa visi untuk memperkenalkan kembali dan melestarikan Wayang Suket membentuk sebuah komunitas yang bernama Wayang Suket Indonesia.