Raden Santri, Kerabat Sunan Muria di Desa Cangkring

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Di Desa Cangkring, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban terdapat sebuah makam yang konon katanya seorang kerabat dari Sunan Muria. Masyarakat sekitar memanggilnya dengan sebutan Raden Santri, Minggu (15/5/2022).  

Raden santi merupakan seorang pengembara dari Jawa Tengah yang memiliki tujuan mensyiarkan agama Islam di wilayah Kecamatan Plumpang. Makam Raden Santri sendiri terletak di pemakaman umum Desa Cangkring. Di mana suasana di area makam sanagt teduh karena banyaknya pohon yang rindang serta berlokasi di area persawahan setempat. 

Di makam Raden Santri, para peziarah akan merasa nyaman saat berkunjung ke lokasi tersebut, karena di area makam telah di bangun sebuah pendopo untuk melakukan ziarah makam.

“Ada beberapa peziarah yang ke makam dengan tujuan meminta nomer togel tapi itu dibiarkan menjadi urusan masing-masing, tetapi kalau sudah izin saya nasehati jangan merokok di area makam,” ucap Paeno (45) pengurus makam Raden Santri kepada blokTuban.com.

Dengan syiar yang dilakukan oleh Raden Santri Desa Cangkring itu, lanjut Paeno mayoritas warga memeluk Islam serta menjadi desanya lebih makmur. Setiap tahunnya, di area makam Raden Santri juga diadakan kegiatan sedekah bumi dengan pagelaran wayang kulit. Acara tersebut selain sebagai wujud syukur warga, juga menghormati jasa Raden Santri yang menyebarkan Islam di Desa Cangkring. 

Perlu diketahui, secara geografis Desa Cangkring berbatasan di sebelah Utara Desa Sumurjalak, sebelah selatan Desa Kedungrojo, sebelah barat Desa Kepohagung, dan sebelah timur ada Desa Plumpang. [Nur/Ali]