Skip to main content

Category : Headline


Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kemunafikan

Mutiara atau nasehat kaum muda berikutnya dari kitab Idhotun Nasyi’in adalah Annifaq atau kemunafikan. Dari pandangan agama, kemunafikan yaitu pernyataan syahadat hanya di luar saja, tanpa diyakini di dalam hati. Orang Islam ada dua jenisnya, yang syahadat luar dalam itu mukmin, sedang yang luar saja itu munafik.  

Cerita dari Pesantren

Balada Celana Dalam di Jendela Kamar

Namanya santri, semuanya harus bisa dikerjakan sendiri. Selain memperdalam ilmu agama sebagai tujuan utama, nyantri juga belajar tentang kemandirian dan sosial.   

Cerita dari Pesantren

Jangan Berikan Aib ke Saudaramu

Seperti halnya lembaga pendidikan umumnya, santri yang belajar di pondok pesantren juga mempunyai hari-hari khusus dalam satu pekan untuk beristirahat.

Bupati Berangkatkan Umrah Ramadan

Bupati Tuban  Fathul Huda memberangkatkan jamaah umrah Ramadan. Sebanyak 16 orang itu berasal dari jamaah umrah Assa'adah. Mereka berangkat dari masjid Fathurrahmad kompleks Pendopo Kridho Manunggal, Tuban.   

Rubrik Khusus Bulan Ramadan

Kajian Kitab Klasik dan Cerita Seputar Santri

Ramadan telah tiba (Marhaban Ya Ramadan). Bulan penuh Rahmat dan Maghfirah (ampunan). Semoga kita bisa melewati dengan amalan yang bisa menyebabkan kita terhindar dari siksa api neraka, Amiin.  

Pesisiran

Mari Berjamaah Memberantas Narkoba dan Miras

Sekitar dua bulan lalu, tiba-tiba kawan lama saya yang saat ini kebetulan bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN) mengirimi saya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 7 tahun 2018 Tentang Penggolongan Narkotika.  

PI Pengelolaan Blok Tuban Belum Jelas

Bagaimana kabar lapangan migas Blok Tuban ? Tahun lalu, empat kabupaten yang masuk di wilayah kerja pertambangan (WKP) Blok Tuban, yakni Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik pernah diundang Gubernur Jawa Timur untuk dan menandatangani kesepakatan kerjasama dalam pengelolaan lapangan tersebut.   

Tentukan Awal Puasa, Nanti Sore Kemenag Pantau Hilal

Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Tuban akan menggelar pantauan hilal (Rukyatul Hilal) guna menentukan awal puasa ramadan, Selasa (15/8/2018) sore. Rukyatul hilal akan dilangsungkan di Menara Pantau bukit Banyuurip, Kecamatan Senori.

Pasca Insiden Ledakan Bom di Surabaya

Di Perbatasan, Petugas Tak Temukan Hal Mencurigakan

Personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Banser, Minggu (13/5/2018) malam, melakukan giat sterilisasi dan razia sejumlah kendaraan di pintu masuk perbatasan Bumi Wali sebutan lain Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Pesisiran

Bom, Terorisme dan Rasa Kemanusiaan

Lagi, bom meledak di tempat peribadatan. Kali ini, tiga gereja di Kota Surabaya menjadi sasaran. Kembali ledakan yang diduga bom bunuh diri itu menelan korban jiwa. Berdasarkan gambar yang beredar, sebagian korban (maaf) tidak utuh lagi tubuhnya.