Warung Karaoke dan PSK Jadi Sasaran Patroli Gabungan di Tuban dan Bojonegoro

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Warung karaoke dan Pekerja Seks Komersial (PSK) di wilayah Kabupaten Tuban dan Bojonegoro menjadi sasaran patroli gabungan pada 16 Oktober 2024. 

Operasi tersebut digelar dalam rangka menciptakan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah perbatasan kabupaten/kota di Jawa Timur menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Adapun tim yang terlibat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Satpol PP Kabupaten Bojonegoro, Satpol PP Tuban, Polres Tuban, Kodim 0811, dan LLAJ DLHP Tuban. 

Kasi Kerjasama Satpol PP Provinsi Jawa Timur, Suharno, SH, menyampaikan bahwa patroli gabungan ini bertujuan untuk menertibkan sejumlah lokasi yang diduga menjadi tempat pelanggaran ketentraman dan ketertiban umum. 

"Sasaran utama dalam patroli ini adalah warung-warung yang menyediakan minuman beralkohol, praktik prostitusi, serta karaoke ilegal," ujar Suharno.

Dalam operasi tersebut, beberapa temuan penting berhasil diungkap warung milik TS (57 tahun) yang berlokasi di Mojomalang, Parengan, diketahui menyediakan layanan karaoke ilegal. 

"Pemilik warung telah dipanggil oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) untuk dilakukan pembinaan dan pemberkasan terkait pelanggaran tersebut," imbuhnya. 

Lalu, sebuah cafe milik SP (46 tahun) ditemukan menjual minuman beralkohol ilegal sebanyak 55 botol. 

Pemilik cafe telah menerima surat panggilan dari penyidik Samapta Polres Tuban guna penyidikan lebih lanjut terkait tindak pidana ringan (tipiring).

Di eks lokalisasi Kalisari, Bojonegoro, petugas menemukan satu orang yang diduga sebagai pekerja seks komersial (PSK). 

"Orang tersebut berasal dari Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, dan saat ini sedang dalam penanganan lebih lanjut oleh pihak terkait," katanya. 

Patroli gabungan ini merupakan upaya preventif dan represif dalam menciptakan kondisi yang kondusif jelang Pilkada serentak 2024. 

Aparat berjanji akan terus melakukan patroli serupa untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga. [Rof/Ali]