Tuban Pecahkan Rekor Dunia, Bagikan 20.376 Lele Asap

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam acara Gebyar Gemarikan yang berlangsung di lapangan Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, pada Selasa (17/09).

Dalam acara tersebut, lebih dari 20.000 ekor ikan lele asap dibagikan kepada masyarakat. Hal ini membuat Tuban berhasil mendapatkan penghargaan MURI sebagai Pemrakarsa dan Penyelenggara Pembagian Ikan Lele Asap Terbanyak. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan MURI, Ari Andriani, kepada Bupati Tuban.

Ari Andriani menyebutkan bahwa tim MURI telah menyaksikan secara langsung proses pembuatan lele asap yang menggunakan alat sederhana. 

Proses ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian, sehingga Dewan MURI memasukkan prestasi ini dalam kategori inovasi kuliner dengan kearifan lokal. 

Selain itu, tim MURI bersama dinas terkait juga telah memverifikasi jumlah ikan yang dibagikan. Dari 20.000 ekor yang direncanakan, sebanyak 20.376 ekor lele siap dibagikan kepada masyarakat.

"Kami atas nama MURI, Bapak Jaya Suprana, juga menyampaikan bahwa 'Pembagian Lele Asap Terbanyak' resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia tidak hanya sebagai rekor nasional, namun dikategorikan sebagai rekor dunia," ujar Ari disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Prestasi ini menambah daftar pencapaian Kabupaten Tuban yang sebelumnya telah mencatatkan dua rekor MURI lainnya.

Rekor pertama tercipta pada 9 Desember 2022 dalam kategori membaca puisi secara estafet dengan pembaca terbanyak, melibatkan 1.484 peserta. 

Rekor kedua diraih pada 3 November 2023, dalam kategori penulisan cerita legenda oleh 631 penulis.

Dengan pencapaian ini, Kabupaten Tuban semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu daerah yang aktif dalam mencetak prestasi tingkat nasional dan internasional.

[Rof/Ali]