Pelantikan Ketua dan Pengurus Ranting IKS.PI Kera Sakti Tuban Periode 2024-2029 Berlangsung Meriah

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Ketua dan Pengurus Ranting IKS.PI Kera Sakti Cabang Tuban Periode 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua Cabang Tuban IKS.PI Kera Sakti, Sutaji. Pelantikan dilaksanakan secara serentak di gedung sekretariat IKS.PI Kera Sakti Cabang Tuban pada Minggu, (15/09/2024).

Prosesi pelantikan meliputi pengambilan sumpah, penyerahan panji IKS.PI Kera Sakti, penyerahan Surat Keputusan (SK), dan pemasangan lencana. Acara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban, Ketua Cabang Tuban, Ketua Ranting terlantik se-Kabupaten Tuban, serta Ketua Umum IKS.PI Kera Sakti Pusat Madiun.

Sebelumnya, sebanyak 20 Ranting/Kecamatan telah melaksanakan Parapatan Ranting. Parapatan Ranting ini dilakukan karena masa bakti Ketua maupun pengurus lama telah berakhir. Berdasarkan aturan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) IKS.PI, masa bakti Ketua dan pengurus Ranting adalah lima tahun, sehingga jika masa bakti tersebut selesai, harus dilakukan Parapatan Ranting untuk memilih pengurus baru. AD-ART ini juga mengatur petunjuk pelaksanaan dan teknis reorganisasi di tingkat Ranting.

Parapatan Ranting adalah proses pembentukan pengurus baru dalam masa jabatan tertentu, yang menjadi momen pergantian struktur kepengurusan, atau biasa disebut dengan reorganisasi. Acara pelantikan yang digelar ini merupakan syarat sah sebagai tanda bahwa Ketua Cabang telah meresmikan Ketua dan Pengurus Ranting untuk menjalankan tugas organisasi IKS.PI Kera Sakti di tingkat wilayah Ranting atau Kecamatan.

Penyerahan SK dalam acara ini sangat istimewa karena langsung disaksikan oleh Ketua Umum IKS.PI Kera Sakti Pusat Madiun. Ketua IKS.PI Cabang Tuban, Sutaji, melantik sebanyak 20 Ketua Ranting beserta pengurusnya.

Bambang Sunarja, dalam pesannya kepada Ketua Ranting terlantik dan seluruh warga IKS.PI, mengingatkan agar tetap solid, menjaga nama baik perguruan, dan mengikuti arahan dari Ketua Cabang serta Ketua Umum IKS.PI Kera Sakti Pusat Madiun. Ia juga menekankan pentingnya menjaga netralitas dalam musim Pilgub dan Pilbup agar tidak terjadi gejolak akibat mendukung salah satu pasangan calon secara mencolok.

“Warga IKS.PI agar lebih solid selalu menjaga nama baik perguruan dan mengikuti arahan arahan yang diberikan ketua cabang dan ketua umum IKS.PI Kera Sakti Pusat Madiun,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Cabang IKS.PI Kabupaten Tuban, Sugeng, menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya pelantikan Ketua dan Pengurus Ranting se-Cabang Tuban. Ia berharap agar Ketua dan Pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan baik, mengembangkan perguruan pencak silat IKS.PI Kera Sakti di Cabang Tuban dengan semakin kuat dan solid, berlandaskan ketulusan dan keikhlasan.

"Dengan adanya pemikir-pemikir baru dari generasi muda yang telah dilantik ini, kami berharap IKS.PI Kera Sakti semakin kuat dalam pengembangan di tingkat akar bawah, penuh keikhlasan dan ketulusan," ujar Sugeng.[Rul/Rof]