Dua Laga Krusial: Timnas Indonesia Percaya Diri Raih Poin dari Bahrain dan China

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, memberikan apresiasi atas hasil imbang 0-0 yang diraih Timnas Indonesia saat melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Selasa (10/9). 

Dalam laga kedua babak ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut, Tim Garuda bermain terbuka menghadapi The Socceroos. 

Pertahanan solid Indonesia, yang dipimpin oleh Jay Idzes, Rizky Ridho, dan Justin Hubner, menjadi kunci dalam menghadang serangan-serangan dari Australia.

Penampilan gemilang Maarten Paes juga berperan penting, dengan lima penyelamatan krusial yang membuatnya terpilih sebagai pemain terbaik atau man of the match.

"Alhamdulillah, kita berhasil mendapatkan poin penting melawan Australia. Kita tahu Australia adalah tim kuat di Asia dan langganan Piala Dunia. Para pemain sudah berjuang keras, bekerja dengan disiplin," ujar Sumardji, yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia.

Ia menambahkan bahwa pelatih Shin Tae-yong tentu akan melakukan evaluasi atas hasil pertandingan melawan Australia serta Arab Saudi sebelumnya (1-1), guna mendapatkan hasil positif pada pertandingan selanjutnya. 

Dengan dua poin dari dua laga awal, Sumardji yakin seluruh pemain semakin termotivasi untuk meraih hasil terbaik, terutama saat menghadapi Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober.

Sumardji juga menyampaikan bahwa seluruh pemain timnas sudah kembali ke klub masing-masing dan diharapkan menjaga kondisi serta terhindar dari cedera menjelang pertandingan berikutnya.

Pertandingan Indonesia melawan Australia juga mencatat jumlah penonton sebesar 70.059 orang yang memadati SUGBK, dengan tiket terjual habis beberapa hari sebelum pertandingan.

"Terima kasih kepada seluruh suporter yang hadir di SUGBK. Kehadiran mereka menjadi motivasi tambahan bagi para pemain," pungkas Sumardji, yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI.

[Rof/Ali]