Indonesia Tahan Imbang Australia 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Australia dalam pertandingan kedua Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (10/9). 

Dalam pertandingan ini, kedua tim saling bermain terbuka dan menyerang, namun tidak ada gol yang tercipta.

Setelah laga, pelatih Shin Tae-yong merasa puas dengan hasil ini dan menyebut bahwa para pemain Indonesia tampil sangat baik di dua pertandingan tersebut. Dia tidak ragu memberikan pujian kepada para pemainnya.

"Pada pertandingan melawan Arab Saudi dan Australia, para pemain bekerja sangat keras dan tampil bagus. Jadi, saya puas karena mereka sudah memberikan yang terbaik," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI. 

Keberhasilan Indonesia dalam menahan serangan-serangan Australia tidak terlepas dari solidnya lini pertahanan yang dipimpin oleh Jay Idzes dan Rizky Ridho.

Maarten Paes juga menunjukkan performa luar biasa dengan lima penyelamatan krusial. Berkat aksinya tersebut, Paes terpilih sebagai pemain terbaik atau man of the match.

"Seperti yang terlihat, ini memang pertandingan yang sangat sulit bagi Indonesia. Memang, bisa dibilang kami selalu berada di bawah tekanan. Tetapi, jika dilihat dari segi mental, mungkin Indonesia dan Australia seimbang," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Pertandingan pertama dan kedua serupa, Maarten tampil sangat baik dan sebagai pemain paling belakang, ia memimpin tim dengan baik," tambah Shin Tae-yong.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati peringkat ke-4 klasemen sementara Grup C dengan dua poin. Selanjutnya, Skuad Garuda akan bertandang ke markas Bahrain (10/10) dan China (15/10).

 

Susunan pemain:

Indonesia: Maarten Paes, Sandy Walsh, Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner, Calvin Verdonk; Ivar Jenner, Nathan Tjoe A On, Marselino Ferdinand; Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.  

Pelatih: Shin Tae-yong

Australia: Mathew Ryan, Alessandro Circati, Harry Souttar, Cameron Burgess, Aziz Behich, Samuel Silvera, Keanu Baccus, Jackson Irvine, Craig Goodwin, Nestory Irankunda, Mitchell Duke.  

Pelatih: Graham Arnold

[Ali/Rof]