Talk Show KKN 03: Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan Remaja Mliwang

Reporter: Dahrul Mustaqim
blokTuban.com - TPQ Darun Najah yang terletak di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, menjadi saksi digelarnya talk show dengan tema "Kenali Dispensasi Nikah dan Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan yang Cerah".

Acara ini dimulai pada pukul 18.00 WIB, setelah shalat Maghrib, dan dihadiri oleh para remaja setempat yang antusias mengikuti kegiatan tersebut, Selasa (06/08/2024).

Talk show ini diadakan dengan tujuan utama untuk mengantisipasi maraknya kenakalan remaja, pernikahan usia dini, serta meningkatnya pengajuan dispensasi nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Melalui acara ini, panitia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para remaja, mengenai pentingnya pendidikan sebagai bekal untuk menata masa depan yang lebih baik dan mengurangi angka pernikahan dini yang sering kali membawa dampak serius, baik bagi individu maupun bagi negara.

Baca juga: Sosialisasi oleh Mahasiswa KKN IAINU Tuban: Pendidikan sebagai Kunci Cegah Pernikahan Dini

Surya Alim Wisasono, Koordinator Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 03 Desa Mliwang, menjelaskan alasan diadakannya acara ini karena merasa khawatir dengan kondisi remaja saat ini yang lebih memilih nikah dini dikarenakan banyak faktor.

"Salah satu alasan utama adalah kekhawatiran kami sebagai mahasiswa terhadap kasus pernikahan dini yang sedang viral di media sosial saat ini. Selain itu, kebanyakan kasus perceraian yang diajukan berasal dari pasangan yang menikah muda, karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan dan pengaruh gadget," ungkap Surya.

Narasumber utama dalam acara ini, Bapak Sunardi, memberikan pesan penting kepada para peserta, "Selalu utamakan pendidikan. Pendidikan adalah fondasi untuk masa depan yang cerah, dan dengan pendidikan, kita dapat menghindari berbagai masalah yang timbul dari pernikahan dini."

Salah satu peserta talk show, Saroh, mengungkapkan kesannya terhadap acara ini. "Saya sangat menyukai acara ini karena bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk masa depan. Saya jadi tahu apa itu dispensasi nikah dan bagaimana dampak positif dan negatifnya," ujarnya.

Dengan diadakannya talk show ini, diharapkan akan ada peningkatan kesadaran di kalangan remaja Desa Mliwang mengenai pentingnya menunda pernikahan hingga waktu yang tepat dan lebih fokus pada pendidikan sebagai upaya untuk meraih masa depan yang cerah.(Rul/Rof)