Dramatis Penyelamatan 13 ABK MV Noah Satu yang Terbakar di Laut Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Penyelamatan dan evakuasi terhadap 13 Anak Buah Kapal (ABK) MV Noah Satu yang terbakar di laut utara Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, berlangsung dramatis pada Selasa (25/6). Kapal yang mengangkut jagung dengan 16 ABK tersebut mengalami kebakaran di ruang mesinnya. 

Semua ABK berhasil diselamatkan, meski beberapa mengalami luka ringan dan satu orang mengalami luka bakar di lengan yang kemudian dirujuk ke RSUD Koesma Tuban. Kondisi kapal tidak bisa diselamatkan.

Berbagai pihak yang bekerja sama dalam penyelamatan ini meliputi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban, KSOP Tanjung Pakis, Satpol Air Polres Tuban, BPBD Kabupaten Tuban, dan SROP Rembang. 

Evakuasi ABK di perairan dilakukan menggunakan kapal TB Mitra Anugrah 27 milik PT Varia Usaha Bahari, dipimpin oleh Capt. Arifin yang mendampingi Tim dari KSOP Tanjung Pakis Kawilker Jenu. 

Pada sekitar pukul 01.20 WIB dini hari, semua ABK sudah berhasil diselamatkan, dibantu oleh kapal TB Pandanaran dari Rembang dan KNP Chundamani dari PLP Tanjung Perak.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Kelas III Tanjung Pakis, Faiq Kurniawan, menyatakan bahwa MV Noah Satu berlayar dari Pelabuhan Calabai, Kabupaten Dompu, Provinsi NTB, menuju Ciwandan dan mengalami kebakaran pada koordinat 6°36'607"E 111°36'607"S sekitar pukul 14.25 WIB pada Senin (24/6). 

Informasi kebakaran ini berasal dari agen PT Panca Global Energi yang melaporkan ke petugas KSOP Kelas III Tanjung Pakis wilayah kerja Jenu. 

"Kami melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk Semen Indonesia, untuk penyelamatan dan evakuasi," katanya. 

Beberapa kapal, termasuk dari Sluke Kabupaten Rembang, membantu penyelamatan hingga Selasa (25/6) pagi.

Saat ini MV Noah Satu telah tenggelam, namun seluruh crew dan nahkoda berhasil diselamatkan. Para korban telah mendapatkan penanganan medis dan akan dipulangkan setelah dinyatakan sehat. 

Menurut Singgih Widayat, SM of Port Operation & Maintenance SIG Pabrik Tuban, koordinasi dan upaya penyelamatan dilakukan setelah mendapat informasi tentang kebakaran kapal tersebut. 

Proses penyelamatan berlangsung sekitar delapan jam, dan semua ABK MV Noah Satu berhasil diselamatkan.

SIG mendukung proses evakuasi korban dengan menyediakan tempat evakuasi di Kantor Unit Port & Maintenance wilayah Tersus SIG Pabrik Tuban, serta tim medis dan ambulans. 

Penanganan awal telah dilakukan, namun satu korban yang mengalami luka bakar di lengan dirujuk ke RSUD untuk penanganan lebih lanjut.