PDM Tuban Akan Pindahkan Dana Rp30 Miliar dari BSI

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban mengadakan konsolidasi keuangan di SMK Pelayaran Muhammadiyah pada Rabu (19/06). 

Kegiatan ini melibatkan pimpinan cabang dan pimpinan amal usaha seperti rumah sakit, sekolah, koperasi, dan panti asuhan.

Konsolidasi ini sesuai dengan arahan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk memindahkan dana dari Bank Syariah Indonesia (BSI) ke bank-bank syariah lainnya, sebagaimana dinyatakan dalam memo tertanggal 30 Mei 2024.

Menurut memo "Konsolidasi Dana", keputusan ini diambil setelah PP Muhammadiyah mengadakan pertemuan dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Yogyakarta pada 26 Mei 2024. 

Dalam memo nomor 320/1.0/A/2024 yang ditandatangani Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto dan Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, instruksi ini ditujukan kepada berbagai lembaga di bawah Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Sekretaris PDM Tuban, Edi Utomo, menyatakan kesiapan PDM Tuban untuk mengikuti instruksi tersebut. 

"Seluruh AUM di Tuban akan mengalihkan dana mereka, yang totalnya diperkirakan mencapai 30 miliar rupiah, dari BSI ke bank lain," ujar Edi dalam statmen resminya dikutip dari akun resmi @pdmtuban, Jumat (21/6/2024). 

Edi menegaskan bahwa penarikan dana dari BSI akan dilakukan sesuai arahan pimpinan.