Tuban Miliki 33 Puskesmas Siap Layani Kesehatan Primer

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Perubahan dalam layanan kesehatan yang memadai memerlukan dukungan serius dan berkelanjutan dari semua pihak. 

Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, perubahan positif dalam layanan kesehatan bisa terwujud.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Tuban menunjukkan komitmennya dengan mengadakan Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Hotel Mustika Tuban pada Rabu (05/06).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si, menyatakan bahwa integrasi layanan kesehatan primer, yang dikenal sebagai Integrasi Layanan Primer (ILP), bertujuan untuk menata dan mengoordinasikan berbagai layanan kesehatan primer dengan fokus pada kebutuhan layanan berdasarkan siklus hidup individu, keluarga, dan masyarakat.

"Harapannya adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat hingga tingkat paling bawah, karena basisnya adalah keluarga," katanya.

Sekda Tuban menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 

Dengan demikian, transformasi layanan kesehatan primer dapat menghasilkan pelayanan yang holistik dan berkualitas, dengan fokus pada penguatan aspek promosi dan pencegahan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), penyediaan sarana, prasarana, obat-obatan, bahan medis pakai habis (BMPH), dan peralatan kesehatan yang memadai, serta peningkatan manajemen layanan untuk mencapai cakupan kesehatan universal (UHC).

Dr. Budi Wiyana menjelaskan bahwa penerapan ILP akan mencakup seluruh FKTP di Kabupaten Tuban. Kabupaten ini memiliki enam rumah sakit, dua di antaranya milik pemerintah daerah dan empat milik swasta. 

Selain itu, ada 33 puskesmas, dengan beberapa dilengkapi fasilitas rawat inap dan yang lainnya melayani rawat jalan, termasuk jaringan seperti Puskesmas Pembantu (pustu), ponkesdes, polindes, pusling, dan jaringan puskesmas lainnya.

Sekda Tuban berharap kerja sama dari semua pihak dapat mempercepat target implementasi pelayanan kesehatan primer di Kabupaten Tuban. 

Acara ini juga ditandai dengan penandatanganan komitmen integrasi pelayanan kesehatan primer oleh beberapa unsur, termasuk beberapa OPD Pemkab Tuban, puskesmas, perwakilan organisasi profesi kesehatan, TP PKK Kabupaten Tuban dan TP PKK kecamatan, serta Ketua Aisyiyah Muhammadiyah dan Ketua Muslimat NU.

[Dwi/Ali]