Api Mengamuk di Desa Bejagung Tuban, Kerugian Mencapai Setengah Miliar

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Kebakaran masih sering terjadi di Kabupaten Tuban. Pada pekan ketiga bulan Mei, sebuah kandang ayam berukuran sekitar 10 x 36 meter di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, terbakar pada Senin, 20 Mei 2024.

Akibat kebakaran ini, pemilik kandang menderita kerugian yang diperkirakan mencapai sekitar Rp500.000.000. Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban, Gunadi, menyatakan bahwa laporan kebakaran diterima sekitar pukul 03.44 WIB.

"Setelah menerima laporan itu, kami langsung mengirimkan 1 unit kendaraan fire truk Pos Damkar Tuban dan 1 unit fire truk Pos Damkar Rengel untuk melakukan upaya pemadaman," ujar Gunadi dalam keterangan resminya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Selain itu, api berhasil dipadamkan dengan cepat sehingga tidak menyebar ke bangunan lain.

"Untuk penyebab kebakaran belum diketahui, yang pasti kondisi kandang saat itu masih kosong," tambahnya.

Sebelumnya, di awal bulan Mei 2024, kebakaran juga terjadi di Kabupaten Tuban. Kebakaran tersebut melahap sebuah kios bensin milik M. Hendrik di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang. 

Menurut beberapa saksi, sumber api berasal dari korek api yang digunakan anak-anak untuk bermain di kios tersebut. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian yang dialami korban mencapai kurang lebih Rp10 juta. [Dwi/Ali]