Ribuan Calon Jemaah Haji Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

 

blokTuban.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, menggelar bimbingan manasik haji massal yang diikuti oleh ribuan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban, bertempat di Gedung Graha Sandya. 

 

Kepala Kemenag Tuban, Umi Kulsum mengatakan jika bimbingan manasik haji massal satu ini, diikuti oleh 1.150 CJH Kabupaten Tuban. 

 

"Alhamdulillah hari ini bimbingan manasik haji massal satu, yang sudah menjadi program Kemenag Tuban," katanya saat ditemui, Selasa (23/4/2024) di tempat kegiatan. 

 

Menurut Umi sapaan akrabnya, kegiatan ini sendiri merupakan agenda untuk pemantapan para jemaah, yang diisi oleh beberapa narasumber terkait. 

 

Baik narasumber dari Kemenag Tuban, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban, serta narasumber dari Kelompok Penyelenggara Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). 

 

Selanjutnya, setelah dilakukan bimbingan manasik haji massal satu ini, Kemenag Tuban juga akan kembali melaksanakan bimbingan manasik haji massal kedua, yang rencananya akan dilaksanakan pada (1/5/2024) mendatang. 

 

"Insyaallah nanti pada 1 Mei 2024 akan diadakan bimbingan manasik haji massal yang kedua," bebernya. 

 

Dimana, pada bimbingan manasik haji massal kedua nantinya, para CJH akan melaksanakan praktek haji dan umroh secara bersamaan, yang dimulai sekira pukul 05.30 Wib. 

 

"Setelah itu para jemaah haji akan masuk ke ruangan, karena di massal dua itu akan kita undang Forkopimda termasuk Bupati, Ketua DPRD dan stakeholder lainnya, sekaligus nanti pemberangkatan secara simbolis," jelasnya.

 

Sementara kegiatan bimbingan manasik haji di tingkat Kantor Urusan Agama (KUA), nantinya akan dilkaksanakan selama tujuh hari, tepatnya mula 24 April 2024, hingga 2 Mei 2024 mendatang yang wajib diikuti oleh seluruh CJH yang ada di masing-masing kecamatan. 

 

Dengan begitu, Umi berharap ke depannya pelaksanaan haji di Tahun 2024 ini, dapat berjalan dengan baik danl ancar. [Sav/Dwi]