Cegah Abrasi Makin Parah, Warga Pesisir Tuban Bangun Tanggul Sepanjang 55 Meter

Reporter : Muhammad Nurkholis 

 

blokTuban.com - Antisipasi abrasi laut, warga Kabupaten Tuban bangun tanggul laut sepanjang 55 meter di bibir pantai Tuban, Selasa (23/4/2024).

 

Hal ini lantaran dalam beberapa tahun terakhir, wilayah pesisir Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban terus mengalami abrasi. Dengan hal demikian untuk antisipasi makin parah dalan tahun-tahun berikutnya maka dirasa adanya tanggul laut.

 

Kepala Desa (Kades) Boncong, Dasri mengatakan, abrasi laut di tahun 2024 ini, adalah abrasi yang terparah. Dengan adanya hal tersebut Pemerintah Desa berupaya mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD) untuk pembangunan tanggul laut.

 

“Untuk antisipasi makin parah kita lakukan upaya pencegahan dengan mengalokasikan ADD untuk pembangunan tanggul laut,” ujar Dasri.

 

Lebih lanjut Dasri menjelaskan jika pada hari ini pembangunan tanggul laut memiliki panjang 55 meter.

 

Dan diharapkan untuk pembangunan dinding tanggul laut ini, nantinya diharapkan dapat menjaga keamanan pemukiman warga. Sehingga lahan pemukiman warga dapat terlindungi dari hantaman ombak saat cuaca ekstrim.

 

Dengan adanya pembangunan ini warga juga turut mengapresiasi, Pemerintah Desa Boncong atas pembangunan ini.

 

"Pembangunan ini sangat membantu dalam melindungi masyarakat dari ancaman abrasi, apalagi saat terjadi cuaca ekstrim. Semoga Pemerintah Daerah juga dapat membantu pembangunan tanggul yang belum terselesaikan," ucap Parlan. [Nur/Dwi]

 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS