Rumah Kosong di Tuban Ludes Terbakar, Polisi Ungkap Sumber Api

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Sebuah rumah kosong di Kabupaten Tuban ludes terbakar. Diduga, kebakaran disebabkan karena korsleting listrik, Sabtu (13/4/2024).

Diketahui kejadian ini terjadi pada Jumat (12/4/2024) sekitar 22.15 WIB di Dusun/Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Kepada blokTuban.com, Kapolsek Rengel AKP Khoirul Ahmad mengatakan jika, objek yang terbakar tersebut adalah bekas rumah orang tua korban, dan dalam kesehariannya difungsikan sebagai tempat menyimpan barang seperti sepeda kayuh dan sepeda motor.

“Korban tak menetap di situ, itu bekas rumah orang tuanya, rumah tersebut hanya difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang,” ujar AKP Khoirul Ahmad kepada blokTuban.com, Sabtu (13/4/2024).

Sedangkan diketahui pemilik bangunan ini (korban) bernama Saifuddin (49) warga setempat. 

Lebih lanjut, mantan Kapolsek Soko ini menjelaskan, jika diduga kebakaran yang membakar rumah yang terbuat dari kayu berukuran 9x6 meter ini disebabkan karena adanya korsleting listrik di dalam rumah. 

Dari korsleting tersebut kemudian menimbulkan percikan api dan menyambar kasur yang berada di dalam rumah. Alhasil api dengan cepat membesar dan membakar rumah kosong tersebut.

“Api cepat membesar karena rumah tersebut terbuat dari kayu, ditambah dinding rumah juga dari anyaman bambu,” imbuhnya.

Dengan dibantu dengan satu mobil Damkar api yang membakar rumah kosong tersebut akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 23.10 WIB.

Beruntung dalam kejadian ini tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun ditaksir pemilik rumah mengalami kerugian materiil mencapai Rp15 juta.

“Korban mengalami kerugian materiil sekitar Rp15 juta,” pungkasnya.

Dari kejadian ini Khoirul menghimbau masyarakat agar jangan menggunakan peralatan listrik yang tidak dianjurkan oleh PLN, agar tidak terjadi kejadian korsleting listrik. [Nur/Ali]