Alternatif Cara Turunkan Kolesterol, Tanpa Obat Kimia Manfaatkan Bahan Alami JSR

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kolesterol dapat naik karena beberapa faktor, termasuk pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik seperti pada momen Lebaran yang kebanyakan makan makanan bersantan.

Bagi penderita kolesterol yang rentan kambuh, ahli kesehatan penulis buku Jurus Sehat Rasulullah yang dikenal sebagai pakar obat herbal, dr Zaidul Akbar membagikan cara mudah menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami.

Melansir dari sumber kanal Youtube dr Zaidul Akbar Official memberikan sejumlah inspirasi cara mengatasi kolesterol yang menunpuk di dalam darah.

Kelapa Muda

Dokter umum lulusan Universitas Diponegoro mengatakan ada bahan tradisional yang mampu mengatasi keduanya tanpa bahan kimia dan efek samping. dr Zaidul Akbar mengatakan ada satu minuman yang mudah sekali ditemukan yang ternyata baik untuk kesehatan terutama mengatasi kolesterol.

"Guru saya tu cerita dan dia bukan sembarangan guru, dia peneliti, dia punya 11 penelitian dan semuanya jurnal terindeks fokus level Q1, gak main-main, Apa coba yang diteliti? yang diteliti cuma kelapa muda," katanya.

Air kelapa muda itu dahsyatnya luar biasa. Menurutnya air kelapa muda inilah yang menjadi baku badan kita untuk memperbaiki gen.

dr Zaidul Akbar memberikan saran supaya mengonsumsi kelapa muda yang isinya masih terlihat seperti lendir atau disebut ingusan. Kandungan kelapa muda ini katanya mengandung asam amino dan tinggi isotonik.

"Subhanallah isinya asam amino semua dan yang tertinggi isotonik isokinetik dan yang paling baik kelapa muda itu adalah kelapa muda, bukan hijau, yang masih ingusan, jadi kelapa muda yang ingusan," terangnya.

Bawang

Selain kelapa muda, bawang juga jadi salah satu bahan alami yang dimanfaatkan sebagai obat menurunkan kolestero.

Bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, itu juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan kolesterol di tubuh kita,” kata dokter Zaidul Akbar.

Mengutip Healthline, bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol total hingga mencapai 30 miligram/dL.

Sementara jenis bawang lainnya, mengandung quercetin yang membantu menurunkan kolesterol.

Kunyit dan jahe

Kemudian terdapat tanaman onat keluarga yang masuk sebagai herbal yang efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah yaitu kunyit dan jahe.

“Beberapa ramuan seperti kunyit dan jahe, juga mempunyai khasiat untuk menyeimbangkan kolesterol,” ujarnya.

Bukan hanya beberapa bahan tersebut, dr Zaidul Akbar juga mengingatkan untuk memperhatikan gaya hidup.

“Kita harus tahu ketidakseimbangan kolesterol itu karena apa? Kalau munculnya karena makanan, maka jangan lupa perbaiki juga pola makannya. Kolesterol itu kan muncul karena lemak yang berlebihan dalam tubuh kita,” pungkasnya.

Itulah beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Selain mengonsumsi bahan alami tersebut, pastikan untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, serta mempertimbangkan peningkatan aktivitas fisik dan pengelolaan stres.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS