Waspada Kenaikan Berat Badan Saat Lebaran, Ikuti Tips Sehat Berikut

Oleh: Dwi Rahayu

bloktuban.com - Kenaikan berat badan selama perayaan Lebaran memang hal yang umum terjadi karena biasanya diiringi dengan konsumsi makanan yang berlebihan dan kurangnya aktivitas fisik.

Selama perayaan Lebaran, banyak makanan tradisional yang disajikan dalam jumlah besar dan seringkali tinggi kalori, seperti ketupat, rendang, opor ayam, kue-kue khas Lebaran, dan lain-lain. 

Agar dapat menjaga berat badan tetap seimbang selama momen Lebaran, penting untuk tetap memperhatikan tips sehat berikut ini.

1. Mengurangi konsumsi makanan manis

Membatasi konsumsi makanan yang tinggi gula merupakan cara bijak untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Makan makanan manis secukupnya dan mengganti softdrink serta berbagai macam minuman manis lainnya dengan air putih.

2.  Konsumsi sayur dan buah.

Keseimbangan nutrisi dalam tubuh merupakan hal yang penting, untuk itu tetap konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat  yang membantu melancarkan sistem pencernaan.


3. Mengatur porsi makan

Seperti dikutip dari Diabetes UK, secara tidak sadar, selama perayaan Idul Fitri kita sering kali makan berlebihan tanpa mengetahui ukuran porsi yang sebenarnya. Untuk mencegah kenaikan berat badan, bisa memulai dengan mengambil makanan di piring kecil dan makan dengan perlahan. 

Sebuah kunci penting dalam mengatur berat badan selama lebaran adalah memperhatikan dan mengatur pola makan kita agar tidak berlebihan. salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk agar seimbang atau lebih kecil dari energi yang dikeluarkan.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS