Pemudik Jatim Diprediksi Naik 31,3 Juta Orang, 3,3 Juta Orang Pilih Kereta Api

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Dishub Jatim memperkirakan bahwa arus mudik akan mencapai puncaknya pada Senin (8/4/2024). 

Mereka juga memperkirakan peningkatan signifikan dalam pergerakan pemudik yang akan masuk ke Jawa Timur dibandingkan dengan masa lebaran tahun 2023. 

Pada tahun ini, diperkirakan sekitar 31,3 juta pemudik akan memasuki wilayah Jawa Timur, data ini berasal dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Kadishub Jatim, Nyono, menyatakan bahwa jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Timur meningkat sekitar 10 hingga 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

"Dishub Jatim telah menjamin ketersediaan 6.637 armada bus untuk memperlancar arus mudik, sementara untuk kereta api, diprediksi sekitar 3,3 juta orang akan memilih moda transportasi ini, sehingga disiapkan 90 trainset atau rangkaian kereta api," ujarnya. 

Pemudik yang memilih pesawat diprediksi berjumlah 1,24 juta, dengan persiapan 182 penerbangan. 

Dishub Jatim juga telah melakukan pemetaan terhadap 18 titik rawan macet di Jawa Timur selama masa mudik lebaran, seperti Simpang Mengkreng, Simpang Kertosono, dan lainnya. 

Komisi D DPRD Jatim telah meminta OPD mitra kerjanya, termasuk Dishub, Dinas Bina Marga Jatim, Dinas PU Sumber Daya Air Jatim, dan Dinas Cipta Karya, untuk mengoptimalkan upaya agar masa mudik berjalan lancar dan memberikan kenyamanan. [Dwi/Ali]