Peziarah Makam Sunan Bonang Tuban Membeludak, Tukang Becak Raih Omzet Berlipat

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Peziarah di Makam Sunan Bonang, yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban beberapa waktu ini mengalami lonjakan yang cukup signifikan. 

Hal tersebut, rupanya membawa berkah tersendiri bagi para tukang becak Wisata Religi Sunan Bonang. Pasalnya, lonjakan peziarah yang membludak mampu menaikkan omzet para pengayuh becak hingga berkali-kali lipat. 

Keberkahan tersebut, salah satunya dirasakan oleh Qomarudin. Menurutnya, ramainya peziarah yang datang ini sudah terjadi sejak awal bulan Sya'ban  lalu.

"Alhamdulillah sebelum bulan Ramadan ini pengunjung sangat penuh. Sehingga memberikan rezeki juga kepada tukang becak, karena pendapatan meningkat," terangnya kepada blokTuban.com, saat ditemui Sabtu (2/3/2024). 

Menjelang bulan Ramadan ini, lanjutnya, ia bisa mengangkut penumpang sekitar 15 hingga 20 kali dalam sehari pada hari Sabtu-Minggu. Sedangkan pada hari aktif seperti Senin-Jumat, ia bisa mengangkut 6-7 kali.

"Tarif untuk penumpang kalau dari sini ditarik Rp20 ribu sekali jalan," katanya. 

Artinya, dalam sehari ia mampu meraih omzet kurang lebih Rp300 ribu sampai Rp400 ribu di hari wekeend. Untuk hari Senin-Jumat penghasilan sekitar Rp120 ribu hingga Rp140 ribu dalam sehari. 

Kondisi ini, jauh berbeda jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Sebab, dalam sehari pria yang sudah 23 tahun menjadi tukang becak tersebut, hanya membawa penumpang 2-3 kali saja dalam sehari. 

Oleh karena itu, ia merasa sangat bersyukur dengan ramainya peziarah yang berkunjung saat ini, sehingga mampu meningkatkan perekonomian keluarganya. 

"Bulan sebelumnya pendapatan sangat jauh dari Bulan Sya'ban ini, hari-hari biasa mungkin 2-3 kali saja sudah bagus, tapi kalau hari-hari ini alhamdulillah barokah semua," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS