Permudah Layanan, Universitas Terbuka Tuban Resmikan Kantor Salut

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Guna mempermudah layanan untuk masyarakat dan mahasiswa, Universitas Terbuka (UT) Cabang Tuban meresmikan Kantor Sentra Layanan Universitas Terbuka (Salut), yang berada di Jalan Raya Tuban-Babat. 

Turut hadir dalam acara ini, Rektor UT, Prof Ojat Darojat, M.BUS, PH.D, Direktur UT Surabaya, Dr. Suparti, M.Pd, Kepala Salut Tuban, Dr. Muhammad Anshori, S.Pd.I.M.M, Ketua DPRD Tuban, H. M. Miyadi, SA.g, MM serta Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Abdul Rakhmat S.T, M.T. 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, sebelum meresmikan Kantor Salut dengan pemotongan pita, acara tersebut terlebih dahulu diawali dengan kegiatan jalan sehat, yang turut diikuti oleh masyarakat maupun mahasiswa, dengan berbagai undian menarik seperti sepeda, kulkas, magicom, hingga tiket umroh gratis bagi satu orang pemenang. 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UT Surabaya, Prof Ojat Darojat, M.BUS, PH.D mengatakan jika Salut hadir di Kabupaten Tuban, untuk memberikan layanan kepada masyarakat sekitar, agar lebih mudah menjangkau informasi maupun menyampaikan harapan. 

"Sehingga mereka tidak perlu datang jauh-jauh ke Surabaya, mereka hanya cukup datang kesini, sehingga beberapa informasi juga bisa didapatkan disini, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama," terangnya saat ditemui sesuai acara, Sabtu (2/3/2024). 

Selain sebagai sentra layanan informasi, gedung baru ini juga digunakan sebagai layanan registrasi, layanan kegiatan pembelajaran, hingga kegiatan ujian bagi para mahasiswa. 

Disisi lain, pria yang akrab disapa Darojat ini juga menyampaikan jika Gedung Salut ini didirikan di Tuban, mendukung masyarakat yang bekerja di industri Tuban sambil kuliah. 

Sehingga dengan hadirnya gedung Salut ini mendekatkan dan mempermudah masyarakat, untuk menjangkau layanan yang ada di UT Tuban. 

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa proses belajar mengajar UT Tuban, dilakukan dengan dua metode. Yaitu metode online dan juga offline. 

"Kalau mereka nempunyai akses ke jaringan seperti Hp dan laptop, maka mereka bisa memanfaatkan layanan online, tapi kalau yang tidak punya Hp ataupun alat elektronik lainnya, mereka bisa memanfaatkan layanan secara tatap muka," jelasnya. 

Sementara Kepala Salut Tuban, Dr. Muhammad Anshori, S.Pd.I.M.M, menjelaskan pada tahun 2024 ini, UT Tuban memiliki jurusan baru, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI). 

"Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada 241 ustadz-ustadzah dari pesantren ternama, yang kuliah di UT. Karena mereka bisa kuliah namun tetap bisa menetap di pesantren," katanya. 

Dengan demikian, ia berharap dengan adanya gedung baru di UT ini, bisa memantik semangat masyarakat untuk kuliah, sehingga satu keluarga satu sarjana. [Sav/Dwi] 

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS