Bagi boneka, Cara Satlantas Polres Tuban Edukasi dan Apresiasi Keselamatan Berkendara

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Edukasi dan apresiasi keselamatan berkendara sejak dini, Satlantas Polres Tuban membagikan boneka gratis bagi para anak-anak yang patuhi aturan lalu lintas, Senin (26/2/2024). 

Pagi ini pemandangan berbeda tampak terlihat di perempatan lampu merah Sambong tepatnya di Kelurahan Doromukti, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Sebab pagi ini, selain mengatur arus lalu lintas, para petugas Satlantas Polres Tuban tampak memberikan hadiah kepada para anak-anak atau pelajar yang taat menggunakan helm saat diantar orang tuanya berangkat ke sekolah. 

“Pembagian ini kita berikan kepada para anak-anak sekolah yang diantar orang tuanya dan taat menggunakan atribut keselamatan berlalu lintas,” ujar Kasat Lantas Polres Tuban AKP Ayib Rizal. 

Dengan pemberian hadiah ini, terlihat wajah para penerima boneka sangat sumringah, ketika petugas dari Satlantas Polres Tuban memberikan boneka berbentuk beruang dengan pakaian polisi. 

“Program ini kita namakan program patroli peduli buah hati,” imbuhnya. 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Ayib ini menuturkan, jika program tersebut sebagai bentuk edukasi sedari dini, serta sebagai apresiasi bagi para pengguna jalan yang taat dan patuh kepada peraturan lalu lintas. 

Dengan adanya program ini diharapkan kedepannya dapat menciptakan jiwa atau budaya tertib berlalu lintas di wilayah Kabupaten Tuban. 

“Tentunya harapan kita kedepannya masyarakat bisa mentaati peraturan lalu lintas dengan senang hati dan menjadi budaya saat berkendara,” bebernya. 

Disinggung berapa banyak boneka yang disebar pada hari ini, mantan atlet voli Timnas Indonesia ini berujar hingga saat ini, terdapat 172 boneka yang telah sebar pengguna jalan yang ada di Kabupaten Tuban. 

“Pemberian pada pagi hari jam berangkat dan jam pulang sekolah, ini akan kita lakukan setiap hari saat patroli,” pungkasnya. 

Kemudian Ayib juga mengajak masyarakat Kabupaten Tuban agar selalu tertib berlalu lintas, sebab tertib berlalu lintas bukan hanya tugas dari petugas saja, melainkan sebuah kebutuhan. [Nur/Ali]