Masyarakat di Tuban Antusias Ikuti Vaksin Sub Pin Polio, 66.538 Anak Telah Tervaksin

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Gelaran vaksin sub pin polio putaran kedua yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. 

 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes P2KB Tuban, Ratna Sari mengatakan jika masyarakat sangat antusias untuk mengikuti Sub Pin Putaran kedua, Sabtu (24/2/2024).

 

"Masyarakat tetap antusias untuk mengikuti Sub Pin Polio Putaran kedua," ungkapnya kepada blokTuban.com.

 

Menurutnya, sebelum melaksanakan Sub Pin Polio di tengah masyarakat, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan puskesmas maupun lintas sektor. Seperti halnya Dinsos P3A dan PMD, Camat, Muslimat, Fatayat, maupun Aisiyah. 

 

Hal tersebut, lanjut Ratna sapaan akrabnya, dilakukan dengan tujuan untuk menggerakkan sasaran ke Pos Sub Pin Polio, dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

 

"Dalam upaya untuk penggerakan sasaran ke Pos Sub Pin Polio, penyebaran flayer-flayer, ataupun pesan-pesan di media sosial," katanya. 

 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini juga menjelaskan besarnya antusiasme dari masyarakat ini, dibuktikan dari laporan yang diterimanya dari masing-masing puskesmas. 

 

Hasilnya, baru dua hari digelar capaian vaksin Sub Pin Polio sudah 54,3 persen atau 66.538 anak yang sudah tervaksin dari 122.530 sasaran. 

 

"Tidak ada persyaratan khusus, targetnya Sub Pin Polio di Jawa Timur setiap anak usia 0-7 tahun mendapatkan vaksinasi polio sebanyak 2 kali, jadi yg sudah mendapat vaksinasi putaran 1 juga mendapatkan vaksinasi kembali di putaran 2," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS